Peristiwa

Disdukcapil Gelar Pelatihan Bagi Pengelola Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga


Disdukcapil Gelar Pelatihan Bagi Pengelola Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Walikota Sibolga Drs H M Syarfi Hutauruk diwakili oleh Asisten II Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga Drs Juneidi Tanjung membuka kegiatan Pelatihan Petugas Pengelola Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bagi Aparatur Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Sibolga di aula BI Sibolga, pertengahan pekan kemarin.
 
Walikota Sibolga dalam sambutannya yang dibacakan oleh Junaedi menyampaikan, salah satu pelayanan publik yang diselenggarakan adalah di bidang administrasi kependudukan yang perlu ditata dengan sebaik-baiknya melalui sistem pelayanan yang benar, mudah dan cepat. Agar penduduk merasa mendapatkan pelayanan yang berkualitas.
 
"Petugas pengelola administrasi kependudukan di tingkat kecamatan dan kelurahan merupakan andalan pemerintah untuk memberi pelayanan administrasi kependudukan, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga diperlukan kompetensi bagi aparatur yang ada di kelurahan dan kecamatan untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang pelayanan administrasi kependudukan dengan baik," ujarnya dilansir dari laman resmi sibolgakota.go.id, Minggu (06/08/2017).
 
Pada kesempatan itu, Walikota meminta dukungan kepada aparat pemerintah dari kelurahan dan kecamatan  untuk menyukseskan program unggulan, yaitu program pemerintah dalam rangka memberikan identitas kepada seluruh warga masyarakat Kota Sibolga. termasuk identitas bagi anak usia 17 tahun ke bawah melalui penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).“Mudah–mudahan program ini dapat berjalan dengan sukses, dan kepada petugas pengelola administrasi kependudukan, agar tidak melakukan pungli kepada masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan,” tegasnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga Drs Ahmad Sulhan menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan aparatur kecamatan dan kelurahan di bidang adminitrasi kependudukan dan pencatatan sipil, sehingga dapat memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat dengan pelayanan yang cermat, cepat, mudah dan gratis.
 
"Dan peserta yang diundang dalam pelatihan ini sejumlah 42 orang, yang terdiri dari kepala seksi pelayanan dan kesejahteraan sosial, serta petugas registrasi administrasi kependudukan pada setiap kecamatan dan kelurahan di Kota Sibolga, dan narasumber berasal dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Sibolga. Biaya pelaksanaan pelatihan ini bersumber dari APBD Kota Sibolga Tahun 2017," pungkasnya menjelaskan. (BS02)
 

Tag:AnakDisdukcapilDisdukcapil Kota SibolgaKIASibolga