Peristiwa

Dinas Peternakan Binjai Sidak Kesehatan Hewan Kurban


Dinas Peternakan Binjai Sidak Kesehatan Hewan Kurban
beritasumut.com/BS08

Beritasumut.com-Jelang Idul Adha petugas Dinas Peternakan di berbagai daerah mulai melakukan sidak kesehatan hewan yang akan dijadikan hewan kurban.

Di Kabupaten Langkat Sumatera Utara, Dinas Peternakan Kabupaten Langkat melakukan sidak ke tempat penyediaan hewan kurban, Jumat (09/09/2016)

Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Langkat mendatangi sejumlah lokasi penyedia hewan kurban yang ada di Kabupaten Langkat.

Sidak ini dimaksudkan untuk melihat kelayakan dan kesehtaan hewan yang akan dijadikan hewan kurban pada idul adha nanti.

Salah satu lokasi yang disidak adalah peternakan sapi di Desa Mangga Kecamatan Stabat. Di lokasi ini terdapat 90 ekor hewan kurban jenis sapi dalam tiga kandang. Petugas kemudian memeriksa gigi sapi untuk melihat usia sapi yang akan dijadikan hewan kurban, sapi yang layak mninimal berusia dua tahun.

Petugas kemudian memeriksa kotoran sapi untuk memeriksa apakah sapi tersebut mengidap cacingan atau tidak. Setelah itu barulah petugas memeriksa suhu tubuh hewan apakah normal atau tidak normal.

Kadis Peternakan Kabupaten Langkat Muhamad Tambeng, menyatakan, dari hasil sidak ini ditemukan beberapa hewan sapi yang belum cukup umur dan tidak layak untuk dijadikan hewan kurban. “untuk hewan yang sakit saat ini tidak ada kita temukan, namun untuk hewan yang belum mencukupi umur masih ada beberapa yang kita temukan. Hewan yang belum mencukupi umur ini sebenarnya tidak layak untuk dijadikan hewan kurban”, ujarnya.

Sedangkan untuk cacingan dan suhu tubuh yang tidak normal tidak ditemukan, sidak ini akan terus dilakukan hingga Idul Adha mendatang. (BS08)


Tag:Hewan KurbanIdul Adha