Selasa, 10 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Dinas Peternakan Binjai Sidak Kesehatan Hewan Kurban

Dinas Peternakan Binjai Sidak Kesehatan Hewan Kurban

Jumat, 09 September 2016 11:30:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS08

Beritasumut.com-Jelang Idul Adha petugas Dinas Peternakan di berbagai daerah mulai melakukan sidak kesehatan hewan yang akan dijadikan hewan kurban.

Di Kabupaten Langkat Sumatera Utara, Dinas Peternakan Kabupaten Langkat melakukan sidak ke tempat penyediaan hewan kurban, Jumat (09/09/2016)

Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Langkat mendatangi sejumlah lokasi penyedia hewan kurban yang ada di Kabupaten Langkat.

Sidak ini dimaksudkan untuk melihat kelayakan dan kesehtaan hewan yang akan dijadikan hewan kurban pada idul adha nanti.

Salah satu lokasi yang disidak adalah peternakan sapi di Desa Mangga Kecamatan Stabat. Di lokasi ini terdapat 90 ekor hewan kurban jenis sapi dalam tiga kandang. Petugas kemudian memeriksa gigi sapi untuk melihat usia sapi yang akan dijadikan hewan kurban, sapi yang layak mninimal berusia dua tahun.

Petugas kemudian memeriksa kotoran sapi untuk memeriksa apakah sapi tersebut mengidap cacingan atau tidak. Setelah itu barulah petugas memeriksa suhu tubuh hewan apakah normal atau tidak normal.

Kadis Peternakan Kabupaten Langkat Muhamad Tambeng, menyatakan, dari hasil sidak ini ditemukan beberapa hewan sapi yang belum cukup umur dan tidak layak untuk dijadikan hewan kurban. “untuk hewan yang sakit saat ini tidak ada kita temukan, namun untuk hewan yang belum mencukupi umur masih ada beberapa yang kita temukan. Hewan yang belum mencukupi umur ini sebenarnya tidak layak untuk dijadikan hewan kurban”, ujarnya.

Sedangkan untuk cacingan dan suhu tubuh yang tidak normal tidak ditemukan, sidak ini akan terus dilakukan hingga Idul Adha mendatang. (BS08)

T#g:Hewan KurbanIdul Adha
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Dirjen PHU Lepas Kloter Terakhir dari Makkah Menuju Madinah

    Beritasumut.com-Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali melepas keberangkatan kelompok terbang (kloter) terakhir dari Kota

  • 3 bulan lalu

    Terpisah dari Rombongan, Satu Jemaah Haji Asal Indonesia Masih dalam Pencarian

    Beritasumut.com-Satu orang jemaah haji asal Palembang,  Tapsirin Wajat Ratam (82) sampai saat ini belum diketahui keberadaannya. Jemaah kloter

  • 4 bulan lalu

    Walikota Sambut Kepulangan 392 Jamaah Haji Kloter 01 Asal Kota Medan

    Beritasumut.com-Jelang tengah malam, tepatnya sekitar pukul 23.15 WIB, Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH menyambut kepulangan jamaah haj

  • 4 bulan lalu

    Usai Fase Armuzna Selesai, Sebanyak 169 Jemaah Haji Asal Indonesia Wafat di Tanah Suci

    Beritasumut.com-Jemaah haji Indonesia telah menyelesaikan rangkaian puncak ibadah haji, mulai wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina, serta

  • 4 bulan lalu

    Tepat di Hari Kemerdekaan RI, 13 Kloter Awali Kepulangan Jemaah Haji Asal Indonesia

    Beritasumut.com-Sebanyak 13 kelompok terbang (kloter) jemaah Haji Indonesia gelombang pertama yang akan diterbangkan ke tanah air pada hari pertama

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.