Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Dinas Perhubungan Medan Gelar Pemilihan Abdi Yasa Teladan

Dinas Perhubungan Medan Gelar Pemilihan Abdi Yasa Teladan

Selasa, 09 Juli 2019 12:30:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS07
Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kadis Perhubungan, Iswar Lubis SS IT MT, membuka ajang Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tahun 2019, Senin (08/07/2019) di Hotel Madani Medan. 
 
Kegiatan Dinas Perhubungan Medan ini merupakan wujud perhatian dan pembinaan Pemko kepada awak kendaraan angkutan umum yang berperan penting dalam meningkatkan keselamatan transportasi jalan. 
 
Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Iswar, Wali Kota memaparkan, permasalahan di sektor transportasi mencakup banyak faktor, di antaranya faktor manusia, kendaraan, kondisi jalan, infrastruktur, dan lain-lain. 
Namun, lanjutnya, faktor manusia atau human error dianggap faktor yang paling banyak berkontribusi dalam suatu kejadian kecelakaan. Karena itu, pengemudi angkutan umum diharapkan mempunyai kompetensi yang memadai, tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas dan keterampilan mengemudi, namun juga memiliki perilaku yang baik saat mengemudi di jalan.
 
Berkaitan dengan itu, Wali Kota Medan mengapresiasi kegiatan yang dihelat oleh Dinas Perhubungan yang secara langsung maupun tidak langsung menumbuhsuburkan kesadaran berprilaku mengemudi dengan baik di kalangan pengemudi angkutan umum. 
Sebelumnya, Kabid Lalu Lintas Angkutan Dinas Perhubungan Suriono SSIT MT, melaporkan kegiatan yang diikuti 100 supir dari berbagai perusahaan angkutan ini berlangsung selama 5 hari, yakni mulai 8 sampai 12 Juli 2019. Dalam kegiatan ini, peserta juga mendapatkan pembekalan dengan narasumber yang berasal dari PT Jasa Raharja, Satlantas Polrestabes, Akademisi, BNN sumut, Dinas Perhubungan Sumut, dan Dinas Perhubungan Medan.
 
Suriono merincikan, materi yang disampaikan narasumber di antaranya, tata cara berlalu lintas dan kelaikan jalan kendaraan bermotor, UU No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ Keselamatan Transportasi Darat dan Pelayanan Angkutan Umum, penegakan hukum, pengetahuan asuransi, psikologi pengemudi, pencegahan penggunaan obat terlarang, ESQ, dan ujian berkendaraan. Sedangkan mekanisme penilaian, lanjutnya, meliputi persyaratan administrasi, pengetahuan bidang lalu lintas dan keselamatan angkutan jalan, penegakan hukum lalu lintas, pengetahuan bidang asuransi, tes psikologi, keterampilan mengemudi, dan sikap, prilaku, serta disiplin.
 
Dalam ajang ini akan dipilih sebanyak enam pemenang yang masing-masing mendapat uang pembinaan. Khusus Pemenang I dan II, terang Suriono, akan melakukan studi banding ke luar daerah sebelum mengikuti ajang Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Sumut mewakili Medan. Pembukaan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Wali Kota yang diwakili oleh Kadis Perhubungan Medan.(BS07)
T#g:Abdi YasaAbdi Yasa TeladanDishub MedanKadishub Medan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Sweeping Bersih Jalan SM Raja, Tim Gabungan Tertibkan Mobil Penjual Paket Data dan Loket Bus

    Beritasumut.com–Kerap mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan merusak kenyamanan masyarakat pengguna jalan, Tim gabungan Pemko Medan kemba

  • 11 bulan lalu

    MTQN Selesai, Parkir Liar Kembali Marak di Kota Medan

    Beritasumut.com-Perhelatan MTQN ke-27 beberapa waktu lalu di Kota Medan, sedikit banyak telah mengubah tata ruang kota yang makin baik dan bersih,

  • 11 bulan lalu

    DPRD Medan Dorong Dishub Tertibkan Terminal Liar dan Parkir Berlapis

    Beritasumut.com-DPRD Kota Medan mendorong agar Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan menertibkan terminal liar.Sebab, terminal liar menjadi salah s

  • 12 bulan lalu

    Lapak Pedagang di Kawasan Gedung Arca dan Stadion Teladan Dibongkar Personil Gabungan

    Beritasumut.com-Personel gabungan yang terdiri dari petugas Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kecamatan, kelurahan dan aparat Kepolisian melakukan peng

  • tahun lalu

    Lokasi Parkir di Kota Medan Banyak Menyalahi Aturan

    Beritasumut.com-Banyaknya lokasi yang dijadikan lahan parkir di Kota Medan cukup meresahkan warga. Tak hanya jalur pedestrian yang digunakan sembar

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.