Rabu, 26 Juni 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Dihipnotis di Kawasan Jalan Jamin Ginting, Pensiunan PNS Kehilangan Tabungan Rp 320 Juta

Dihipnotis di Kawasan Jalan Jamin Ginting, Pensiunan PNS Kehilangan Tabungan Rp 320 Juta

Selasa, 02 Agustus 2016 22:20:00
BAGIKAN:
Beritasumut.com/Ilustrasi
Hipnotis
Beritasumut.com-Ester boru Sibarani (65), warga Jalan Bunga Wijaya, Medan Selayang, kehilangan uang tabungannya sebesar Rp 320 juta usai dihipnotis seorang pria yang mengaku Warga Negara (WN) Singapura. Ester pun kemudian membuat laporan ke Mapolsekta Medan Kota.
 
Informasi diperoleh menyebutkan peristiwa tersebut dialami korban pada Rabu (27/06/2016) Juli lalu, saat korban sedang menunggu angkutan umum di kawasan Jalan Jamin Ginting, Medan.Saat menunggu angkutan umum itu, korban dihampiri seorang pria tak dikenal yang berpura-pura menanyakan alamat tempat pelatihan kerja. Tak lama kemudian, datang seorang wanita yang seolah ingin membantu korban dan berpura-pura menanyakan apa yang ditanyakan pria tersebut kepadanya.
 
"Di saat korban belum selesai menjelaskan pembicaraannya dengan keduanya yang diduga komplotan pelaku, tiba-tiba datang mobil jenis Toyota Avanza berwarna hitam. Dari dalam mobil itu lalu keluar seorang pria mengajak korban untuk mengantarkan mereka ke alamat yang sebelumnya dipertanyakan oleh salah satu pelaku," kata Kapolsek Medan Kota, AKP Martuasah Hermindo Tobing, Selasa (02/08/2016).
 
Tanpa rasa curiga, lanjut Martuasah, korban pun akhirnya ikut bersama para pelaku masuk ke mobil yang di dalamnya juga ditumpangi seorang pria mengaku WN Singapura bernama Jonathan. "Menurut keterangan korban, di dalam mobil itu korban kemudian diajak bercerita panjang lebar mengenai pekerjaan para pelaku yang diduga merupakan modus dalam menjalankan aksi kejahatan," sebutnya.
 
Dari obrolan di dalam mobil itu, pelaku bernama Jonathan kemudian menceritakan, dirinya berencana menukarkan uang pecahan Dollar Singapura untuk keperluan membayar gaji karyawannya dengan total nominal sebesar Rp 600 juta."Cerita itu kemudian disambung pelaku lainnya dengan pertanyaan ke arah korban, apakah korban punya simpanan uang untuk dipinjamkan sementara agar mereka (para pelaku) tak perlu repot menukarkan pecahan Dollar Singapura dengan jumlah besar," paparnya.
 
Aksi kejahatan para pelaku kemudian menuai hasil setelah korban tanpa sadar mengaku memiliki simpanan uang sebesar Rp320 juta di Bank Sumut Simpang Kuala. Para pelaku lalu merayu korban untuk meminjamkannya kepada Jonathan dengan iming-iming akan dibayarkan dengan tambahan 50 persen sebagai bonus.
 
"Setelah memperdaya korban, para pelaku ini langsung membawa korban untuk melakukan penarikan uang sebesar Rp320 juta di bank itu dan kemudian diserahkan kepada pelaku bernama Jonathan. Berhasil mendapatkan uang itu, para pelaku membawa korban ke depan Suzuya Plaza di Jalan Brigjen katamso, Medan. Di lokasi itu, korban dan pelaku turun dari mobil dan pelaku lain berpura-pura mau belanja dan mengajak korban ke dalam Suzuya untuk berbelanja. Korban lalu disuruh menunggu para pelaku yang berpura-pura mengambil barang, namun ternyata para pelaku tidak muncul lagi sampai korban akhirnya sadar merasa dihipnotis dan melaporkannya," tutur mantan Kasat Reskrim Polres Deli Serdang ini.
 
Berkaitan dengan kasus itu, Martuasah menyebutkan, pihaknya masih melakukan penyelidikan atas kasus tersebut. Beberapa petunjuk seperti hasil rekaman CCTV di dalam bank maupun di luar bank telah ditelusuri untuk mengidentifikasi identitas para pelaku yang diduga sindikat hipnotis profesional.
 
"Kita masih terus mengumpulkan berbagai petunjuk, rekaman CCTV di dalam bank saat melakukan penarikan uang hingga di tempat lain sedang kita identifikasi untuk mengungkap para pelakunya. Kita duga para pelaku ini sudah sering beraksi dan cukup profesional," pungkasnya. (BS04)
 
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Polsek Lubuk Pakam Ungkap Komplotan Perampok Hipnotis yang Sering Beraksi di Minimarket

    Beritasumut.com-Tiga komplotan perampok yang kerap menghipnotis korbannya di Minimarket berhasil ditangkap personil Reskrim Polsek Lubuk Pakam. Dua

  • 2 tahun lalu

    Polisi Tangkap Pelaku Hipnotis

    Beritasumut.com-Personel Polsek Sunggal berhasil mengamankan pelaku kejahatan dengan modus menghipnotis korbannya di dalam angkutan kota (angkot).

  • 3 tahun lalu

    Kawanan Spesialis Pencuri Pakaian Dalam Wanita Dibekuk Polisi

    Beritasumut.com–Kawanan spesialis pencuri pakaian dalam wanita di Pasar Megahria Palembang, berhasil dibekuk Unit Reskrim Polsekta Ilir Timur

  • 3 tahun lalu

    Mayat Siswi SMP dengan Pisau Masih Menempel di Leher Gegerkan Warga Jalan Jamin Ginting

    Beritasumut.com-Warga Jalan Jamin Ginting KM 13, Kelurahan Sidumulyo, Kecamatan Medan Tuntungan gempar dengan ditemukannya sesosok mayat siswi SMP

  • 3 tahun lalu

    Terkait Pemukulan di Warnet oleh Oknum Polisi, Adamsyah Nilai Polisi Harus Bijaksana

    Beritasumut.com-Kejadian pemukulan penjaga warnet dan seorang anak sekolah yang dilakukan oknum polisi, sempat menghebohkan netizen. Pasalnya, aksi

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.