Sabtu, 14 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Diduga Ada Indikasi Pembalakan Liar, Polda Sumut Lakukan Penyelidikan Terkait Banjir Bandang di Dairi

Diduga Ada Indikasi Pembalakan Liar, Polda Sumut Lakukan Penyelidikan Terkait Banjir Bandang di Dairi

Jumat, 04 Januari 2019 20:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Direktorat Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sumut, terus melakukan penyelidikan terhadap adanya dugaan pembalakan liar. Diketahui pembalakan liar terjadi, hingga menyebabkan banjir bandang yang menerpa Desa Sibongkaras Kecamatan Silima Pungga -pungga Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Banjir yang terjadi pada Selasa (19/12/2018) lalu ini, menyebabkan 5 orang tewas, 2 orang hilang, serta merusak 110 hektar lahan pertanian dan perkebunan.
 
Dugaan banjir itu, semakin kuat ketika Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, meninjau lokasi langsung 26 Desember tahun lalu. Edy menyebut bahwa kejadian itu karena ulah manusia. Terlihat dari banyaknya kondisi hutan yang rusak di bagian hulu. Terlebih, material kayu bercampur lumpur bertumpuk di sepanjang aliran sungai dan merusak rumah.
 
Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus) Polda Sumut Kombes Rony Santama mengatakan bahwa sejauh ini timnya terus melakukan penyelidikan ditempat kejadian perkara . Rony menyebut semua masih dalam proses penyelidikan dan Informasinya belum bisa disampaikan. “Siapapun yang terbukti melakukan tindakan pembalakan liar akan ditindak tegas sesuai dengan aturan,” kata Rony, Kamis (03/01/2019).
 
Sebelumnya Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumut, Dana Prima Tarigan mengatakan bahwa penuntasan pembalakan liar di Sumatera Utara merupakan ujian di kepemimpinan Kapolda dan Gubernur baru di Sumut.“Kita ingin menguji keberpihakannya mereka terhadap lingkungan. Kita lihat apakah kedua tokoh ini bisa menuntaskan kasus pembalakan liar dan kasus perijinan ilegal di kawasan hutan dan sumber daya alam,” kata Dana.
 
Terkait bencana banjir bandang, Dana meyakini banjir yang terjadi tidak datang begitu saja, pasti ada faktor penyebabnya. “Kasus pembalakan liar di Dairi tidak pernah ada ujungnya, belum ada tersangka. Pemerintah harus fokus menyelesaikan masalah terkait, bukan ikut saling menyalahkan,” ujar Dana.
 
Lebih lanjut, Dana memaparkan bahwa usai kejadian, semua akan menghindar dan menyalahkan faktor hujan yang tinggi. Kalaupun intensitas hujan tinggi, pemerintah daerah harusnya melakukan monitoring secara berkala. Sepertinya ini tidak dilakukan, apalagi sudah terjadi pembukaan hutan, jadi potensi banjir bandang sangat besar. “Kita minta penanganan kasus ini diselesaikan secara transparan. Jangan ditutupi harus ada yang bertanggung jawab atas kejadian ini. Siapapun dan kalangan apapun itu, agar menjadi pembelajaran untuk kedepannya,” pungkasnya.(BS04)
 
T#g:BanjirBanjir BandangdairihutanPolda Sumut
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 7 jam lalu

    Bahas Dana Bagi Hasil dan Banjir, Anggota DPRD Sumut Dapil 1 Medan Kunjungi Pemko Medan

    Beritasumut.com-Sejumlah anggota DPRD Sumut dapil 1 Medan mengunjungi Pemko Medan, Jumat (13/12/2019). Kunjungan ini sendiri terkait dengan reses p

  • 6 hari lalu

    Wabup Dairi: Pemkab Dairi Terbuka untuk Investasi, Tapi Harus Ada Dampak Positif ke Masyarakat

    Beritasumut.com-Wakil Bupati (Wabup) Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing SH hadir dalam mediasi penanganan konflik sosial tapal batas kawasan hutan

  • 6 hari lalu

    Sertijab Pejabat Utama Polda Sumut Dipimpin Kapoldasu

    Beritasumut.com–Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) bebera

  • satu minggu lalu

    Hasil Litbang Tata Kelola Air Permukaan Diharapkan Dapat Atasi Genangan Air

    Beritasumut.com-Infrastruktur yang memadai secara kuantitas maupun kualitas merupakan prasyarat yang mutlak bagi pertumbuhan ekonomi yang tinggi. N

  • 2 minggu lalu

    Pemko Harapkan Kota Medan Bebas Banjir Dapat Segera Terealisasi

    Beritasumut.com-Kelompok Kerja (Pokja) Penanggulangan Banjir Kota Medan yang telah dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut)

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.