Peristiwa

Desa Sidourip Deli Serdang Nominasi Terbaik Tingkat Nasional Kategori Pelaksanaan LBS


Desa Sidourip Deli Serdang Nominasi Terbaik Tingkat Nasional Kategori Pelaksanaan LBS
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Ketua Tim Verifikasi PKK Pusat Endang Budi Martini dari Kemenkes dan perwakilan TP PKK Provinsi beserta rombongan melakukakn verifikasi lapangan Kategori Pelaksanaan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Nasional di Desa Sidourip, Kecamatan Beringin, Deli Serdang, Selasa (19/03/2019).
 
Kunjungan itu untuk melakukan penilaian pelaksanaan program lingkungan bersih dan sehat oleh kader PKK setempat. Karena Desa Sidourip mewakili Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan masuk 6 besar di tingkat nasional.
 
Kedatangan tim ini diterima Ketua TPP PKK Deli Serdang Yunita Ashari Tambunan, pengurus TP PKK Kabupaten, perwakilan OPD terkait, Camat Beringin serta Muspika, Ketua TP PKK Kecamatan Beringin beserta Anggota, Kades Sidourip beserta perangkat desa, Ketua TP PKK Desa Sidourip beserta Kader, tokoh agama,tokoh masyarakat dan Karang Taruna.
 
Dalam Sambutannya, Yunita mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi PKK Pusat beserta seluruh rombongan di Desa Sidourip Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang. Desa Sidourip Kecamatan Beringin ini merupakan Juara I Desa Pelaksanaan LBS PKK tingkat Provinsi Sumut Tahun 2019.
 
"Masyarakat di desa ini memiliki semangat untuk memberdayakan keluarga melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK, secara khusus dalam melaksanakan Lingkungan Besih dan Sehat (LBS), dimana kami telah bekerjasama dengan dinas terkait melaksanakan penyuluhan serta menggerakan masyarakat agar disetiap rumah tangga sudah mempunyai jamban sehat, menggunakan air bersih, mempunyai Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL), tempat pembuangan sampah agar sampah tidak berserakan, pemilahan sampah, mempunyai kartu sehat serta mempunyai lemari penyimpanan makanan yang baik, pemberantasan sarang nyamuk agar terhindar dari DBD dan bebas jentik," paparnya.
 
Masyarakat desa dan tim penggerak PKK Desa Sidourip ini telah banyak melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dengan dukungan dari Kepala Desa selaku ketua pembina tim penggerak PKK Desa, dari pihak Kecamatan Beringin, TP PKK Kabupaten Deli Serdang dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang serta TP PKK Sumut. "Namun tentunya masih terdapat kekurangan-kekurangan sehingga memerlukan pembinaan dan bimbingan dari tim verifikasi lapangan agar Desa Sidourip benar–benar dapat menjadi contoh kepada desa–desa yang lain khususnya di Kabupaten Deli Serdang," terangnya.
 
Ketua tim PKK Pusat, Endang menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang yang didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah dan segenap masyarakat disini yang secara sungguh–sungguh telah melaksanakan berbagai program  gerakan PKK. Tujuan verifikasi itu lanjutnya, untuk mengecek langsung apakah data yang dilaporkan ke pusat tersebut, sama dengan data kondisi di lapangan.
 
Selain mengecek langsung, tim penilai juga memperbanyak dialog dengan warga setempat. Serta bertujuan agar seluruh masyarakat di Indonesia bisa melakukan kebersihan lingkungan. Lomba ini akan memperebutkan penghargaan Pakarti Utama 1, 2, 3, dan Pakarti Madya 1, 2, 3.
 
Ditegaskan Ketua Tim Verifikasi sekarang ini Kabupaten Deli Serdang yang mewakili Provinsi Sumut pada lomba LBS tingkat nasional, telah masuk nominasi enam besar. "Artinya peringkat ke enam sudah di tangan. Selain Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, ada 5 Kabupaten/Kota Lainnya yaitu Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Wonosoba Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Sleman Provinsi DIY, Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. Penyerahan hadiah Lomba Kategori Pelaksanaan LBS ini akan berlangsung Juli nanti di Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan," tandasnya. (BS05)
 

Tag:Desa SidouripLBSPKK