Peristiwa

Dari Kegiatan Punggahan dan Pawai Obor, Wakil Ketua dan Sekretaris GNPF Ditetapkan jadi Tersangka oleh Polda Sumut


Dari Kegiatan Punggahan dan Pawai Obor, Wakil Ketua dan Sekretaris GNPF Ditetapkan jadi Tersangka oleh Polda Sumut
BERITASUMUT.COM/IST
Polda Sumut
Beritasumut.com-Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengungkapkan sejauh ini penyidik Ditreskrimum Polda Sumut telah menetapkan dua orang tersangka terkait kasus dugaan makar. Keduanya masing-masing Wakil Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Rafdinal dan juga Sekretaris GNPF Zulkarnain. 
 
"Benar, keduanya saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka," ungkap MP Nainggolan kepada wartawan, Selasa (28/05/2019).
 
MP Nainggolan menjelaskan penangkapan terhadap Rafdinal dilakukan pada, Senin (27/05/2019) siang, setelah pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan tersebut tidak menghadiri 2 kali panggilan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut. Sedangkan penangkapan terhadap Zulkarnain, lanjut dia, dilakukan pada petang hari, tak lama usai penangkapan terhadap Rafdinal dilangsungkan. "Jadi keduanya saat ini sudah ditahan," jelasnya.
 
MP Nainggolan menyebutkan, kasus makar ini terjadi dalam rangka kegiatan punggahan dan pawai obor yang dilakukan di Jalan Brigjen Katamso-MT Haryono-Jalan Sisingamangaraja, Medan beberapa waktu lalu. Keduanya diduga kuat mengeluarkan pernyataan terkait dengan perbuatan makar. "Pernyataan-pernyatan bermuatan makar itu mereka sampaikan dalam rangkaian kegiatan tersebut," terangnya.
 
Masih dalam kasus yang sama, Polda Sumut juga melakukan pemanggilan terhadap juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana makar. 
 
Surat panggilan tersebut ditandatangani oleh Kasubdit I TP Kamneg Ditreskrimum Polda Sumut AKBP Simon Paulus Sinulingga, pada tanggal 24 Mei 2019. Di surat tersebut disebutkan agar Dahnil hadir untuk diperiksa di Unit 4 Subdit 1/TP Kamneg pada Selasa 28 Mei 2019 pukul 10.00 WIB.pemanggilan ini dilakukan berdasar adanya laporan polisi bernomor LP/659/V/2019/Sumut/SPKT I pada tanggal 8 Mei 2019. Laporan ini dilayangkan ke Polda Sumut oleh pelapor atas nama Fauzi Ramadhan Singarimbun.(BS04)
 

Tag:GNPFmakarPemiluPolda SumutprabowoPresiden