Peristiwa

Danrem 022/Pantai Timur Pimpin Langsung Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Makorem


Danrem 022/Pantai Timur Pimpin Langsung Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Makorem
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Inf R Wahyu Sugiarto SIP MHan bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 Nopember 2018 yang digelar di Lapangan Upacara Makorem 022/Pantai Timur Jl. Asahan Km, 3.5 Pematangsiantar Kabupaten Simalungun, Sabtu (10/11/2018).
 
Upacara juga dihadiri oleh sejumlah Pejabat Komandan Satuan dan Kepala Badan Pelaksana di jajaran Korem 022/Pantai Timur, sedangkan pasukan upacara terdiri dari unsur Pamen, Pama, Peleton Polisi Militer, Prajurit Gabungan dari jajaran Makorem dan Balak serta barisan Putra dan Putri Pegawai Negeri Sipil TNI AD jajaran Korem 022/Pantai Timur.
 
 Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Kolonel Wahyu menyampaikan, peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subfansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat sfafis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari pahlawan harus menjadi energy dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotism dalam membangun bangsa Indonesia.
 
Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah 'Semangat Pahlawan Di Dadaku" mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan har yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi Bangsa dan Negara.
 
Di akhir amanatnya, Danrem mengatakan Peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum bagi bangsa lndonesia untuk melakukan introspeksi diri sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nirai kepahrawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Sejahtera, Adil dan Makmur.
 
Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya, Sadar bahwa negerinya memilki beragam agama, suku, adat istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia. Bukan justru untuk memanfaatkan perbedaan demi kepentingan pribadi maupun golongan yang menjadi penghambat bagi kemajuan bangsa.
 
"Saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi Bangsa dan Negara," ajaknya.(Rel)
 
 
 

Tag:Danrem 022/Pantai TimurDanrem 022 Pantai Timurhari pahlawanTNI