Jumat, 23 Februari 2018
pilkada beritasumut.com

DPR Minta Kasus Haji Ilegal Diatasi

Senin, 14 Agustus 2017 01:01:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Wakil ketua komisi VIII DPR RI, Iskan Qolba Lubis mengatakan, terulang kembalinya kasus pemberangkatan jamaah haji Indonesia asal Makasar, Sulawesi Selatan, via negara lain merupakan dampak dari keterbatasan kuota dan waktu tunggu yang terlalu lama.
 
"Selama ini waktu tunggu jamaah haji di Indonesia memang sangat lama, sedangkan animo untuk berhaji besar sekali. Berdasarkan data kementerian agama, di Provinsi Sumatera Utara saja memiliki waktu tunggu hingga 17 tahun," katanya, Minggu (13/08/2017).
 
Menurut Iskan, kementerian agama harus melakukan berbagai langkah untuk mencegah terus terulangnya kasus ini. Salah satunya dengan mengurangi waktu tunggu yang terlalu lama.
 
"Untuk di dalam negeri kementerian agama harus bisa mempertegas pembatasan jamaah haji Indonesia yang sudah pernah menunaikan ibadah haji," katanya.
 
Selain itu, anggota DPR RI Fraksi PKS dari dapil Sumut 2 ini berpendapat, bahwa keterbatasan kuota dan lamanya waktu tunggu juga bisa dikurangi dengan aktif melakukan lobby atau diplomasi kepada kerajaan Saudi Arabiah bahkan kepada negara-negara tetangga yang kerap tersisa kuota hajinya tiap tahun.
 
"Pemerintah juga harus lakukan diplomasi haji meminta penambahan kuota ke kerjaan Saudi, dan juga meminta sisa kuota tersisa dari negara tetangga. Jika waktu tunggu amat lama, kasus serupa akanterulang terus nantinya," pungkasnya.
 
Iskan menambahkan, untuk mengantisipasi waktu antrian yang lama, kedepannya perencanaan keberangkatan haji perlu dirancang jauh-jauh hari, antara lain dengan merevisi UU haji. Sehingga menurutnya tidak lagi menggunakan sistem setoran haji, tapi semacam tabungan haji dengan return/keuntungan yang kompetitif. 
 
"Kita bisa menggunakan sistem account virtual, dengan beberapa manfaat seperti keberangkatan haji bisa direncanakan jauh-jauh hari, likuiditas BPKH lebih baik, mengurangi jumlah jamaah lansia ke depanya, karena diberikan jatah khusus, dan menghilangkan trauma antrian karena sudah direncanakan," katanya.(dtf)
T#g:Hajijamaah haji
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 23 jam lalu

    Wakil Gubernur Sumut: Ulama Berperan Antisipasi Dini Kekerasan Perempuan dan Anak

    Beritasumut.com-Seusai mengunjungi Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), pada hari ketiga Kunjungan Kerja (Kunker) Wagub Sumut ke Kabupaten/Kota di

  • 3 hari lalu

    Walikota dan BPN Segera Terbitkan Sertifikat Tanah di Seluruh Kota Sibolga

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH, mengatakan agar Pemerintah Kota dan BPN membuat semua bida

  • 4 hari lalu

    Wagubsu Ajak Masyarakat Cegah Kekerasan dan Traficking

    Beritasumut.com-Wagubsu Nurhajizah Marpaung mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kota Sibolga untuk menutup pintu-pintu masuknya

  • 3 minggu lalu

    Kedokteran Nuklir di RSUP Haji Adam Malik Medan Masih Sebatas Deteksi Penyakit

    Beritasumut.com-Model Kedokteran Nuklir Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik untuk saat ini masih sebatas mendeteksi penyakit dan belum me

  • 3 minggu lalu

    DPD AMPHURI Wilayah Sumbagut Disambut Walikota Medan dengan Jamuan Makan Siang

    Beritasumut.com-Walikota Medan diwakili Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution Msi, menjamu makan siang Pengurus DPD Asosiasi Muslim Penyelengga

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.