Kamis, 27 Februari 2020

Cuaca Ekstrim, Nelayan Tak Melaut

Jumat, 17 Februari 2017 11:54:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS08
Beritasumut.com-Beberapa hari belakangan ini cuaca ekstrim terus melanda sebagian besar daerah Sumatera Utara (Sumut). Hembusan angin kencang terus menerpa sebagian pesisir laut di Kabupaten Langkat.
 
Hal ini mengakibatkan nelayan terpaksa mengurungkan niat untuk melaut. Seperti yang tampak dipesisir laut di Kecamatan Berandan, Kabupaten Langkat, Jumat (17/02/2017).
 
Mereka lebih memilih untuk berlibur dan menyandarkan boat milik mereka. Sebagian nelayanpun menghabiskan waktu untuk merajut jaring (jala) dan memperbaiki perahu mengisi kekosongan waktu. Ketimbang mengambil resiko melaut dengan gelombang yang cukup kuat.
 
"Ah, kalau saya tak beranilah melaut bang. Demikian juga dengan beberapa rekan nelayan lainnya. Gelombang cukup tinggi bang. Dari pada timbul bencana saat melaut. Lebih baik berdiam diri sesaat," beber Woman, salah seorang nelayan.
 
Namun ada juga beberapa nelayan yang nekat untuk melaut dengan kondisi cuaca yang tidak bersahabat. "Ada juga sih sebagian yang melaut. Tapi hanya beberapa," jelasnya.
 
Kondisi seperti ini selalu dirasakan nelayan setiap kali menjelang hari besar imlek dan bulan Februari. "Kami juga bingung, asal memasuki bulan 2, pasti cuaca ekstrim seperti ini bang," tambah Fauzan, nelayan lain.
 
Digambarkannya, saat melaut pada bulan Februari lalu. Gelombang ombak dilaut lepas sangat tinggi mencapai 2 meter. Belum lagi angin yang sangat kencang terus menerpa dan membuat perahu bisa karam diterpa angin.
 
"Saya pernah coba melaut Febrruari lalu. Uh, anginnya kencang kali dan ombaknnya tinggi. Makannya saya tidak melaut bulan ini," papar pria bertumbuh tambun ini.
 
Dirinya mengakui, cuaca ekstrim akan habis dengan sendirinya memasuki bulan Maret. "Ya nantilah melaut lagi jika cuaca sudah bersahabat. Dan biasannya bulan Maret nanti sudah bisa melaut. Untuk sementara, kamimenghabiskan waktu dengan cara memperbaiki jaring dan boat. Ada juga mencari sampingan untuk kebutuhan hidup," tegasnya berharap bisa cepat melaut.(BS08)
T#g:Cuaca ekstrimkapal tangkapNelayantak melaut
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    Bakamla RI, Kadin dan Nelayan Perkuat Sinergi Keamanan Laut Indonesia

    Beritasumut.com-Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Kabakamla RI) Laksdya TNI Aan Kurnia SSos MM, menerima Wakil Ketua Umum Kadin bidang

  • 4 minggu lalu

    Walikota Sibolga Berharap Pemerintah Pusat Buat Kebijakan Nelayan di Daerah Pesisir

    Beritasumt.com-Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM membuka secara resmi Seminar Nasional Potensi Kelautan dan Realitas Kemiskinan Masyarakat

  • 4 minggu lalu

    Perlu Dukungan Pemerintah Pusat, Pemkab Nias Utara Beraudensi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI

    Beritasumut.com-Bupati Nias Utara M Ingati Nazara bersama rombongan untuk kedua kalinya kembali melakukan audensi kepada Menteri Kelautan dan Perik

  • 4 minggu lalu

    Hujan Deras Mengguyur Kota Medan, Seratusan Rumah di Jalan Pelita Terendam Banjir

    Beritasumut.com-Banjir mengguyur Kota Medan. Ada sejumlah rumah terendam banjir yang hujannya  dari pukul 23.00 WIB-02.00 WIB sampai mencapai

  • satu bulan lalu

    Pemkab Nias Utara Serahkan Bantuan Sarana Penangkapan Ikan kepada Nelayan

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara melalui Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara melaksanakan acara serah terima bantuan penan

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.