Minggu, 20 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Cuaca Buruk Sulitkan Proses Evakuasi Korban Longsor di Nias Selatan

Cuaca Buruk Sulitkan Proses Evakuasi Korban Longsor di Nias Selatan

Senin, 12 November 2018 19:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Nias Tonggor Gultom mengungkapkan jika proses evakuasi terhadap enam korban longsor di Dusun Dua, Desa Sukamajumohili, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan (Nisel) terkendala cuaca buruk.
 
"Saat ini pencarian terpaksa dihentikan sementara karena hujan deras.Akses menuju ke lokasi sangat sulit. Petugas harus menembus jalanan berlumpur sedalam sekitar 50 cm. Kondisi ini juga yang membuat alat berat tidak bisa masuk. Apalagi jalan menuju ke sana bergelombang serta jalan menuju desa itu kanan kirinya juga jurang. Jadi kita masih mencari cara lain," ujar Gultom kepada wartawan, Senin (12/11/2018).
 
Gultom menjelaskan, karena alat berat yang tidak bisa masuk, lanjutnya petugas melakukan pencarian dengan menyisir kawasan longsor. Sehingga pembersihan material dilakukan dengan cara manual. "Kita sangat hati-hati. Karena kita menghitung ada potensi longsor susulan. Apalagi saat hujan deras," jelasnya.
 
Sebelumnya, bencana tanah longsor membuat satu keluarga di Dusun Dua, Desa Sukamajumohili, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nisel tertimbun tanah longsor, Sabtu (10/11/2018). Tinggi longsoran itu diperkirakan mencapai 10-15 meter.Satu keluarga yang tertimbun longsor tersebut ada tujuh orang yakni Aristina Laia ina Elsa (33), Dalman Hulu (7), Setiamas Hulu Ina Putri (30), Rei Jaya Hulu (3), Putri Hulu (5), Noverman Hulu (2) dan Kristofen Hulu (4)."Ketujuh orang ini merupakan satu keluarga. Korban yang berhasil dievakuasi atas nama Kristofen Hulu. Namun korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," sebut Gultom.
 
Gultom menambahkan, saat kejadian itu hujan turun cukup deras. Satu keluarga ini berada di dalam rumah saat longsor terjadi di kawasan itu sekira pukul 09.00 WIB. Namun Basarnas baru mendapatkan laporan sekira pukul 11.00 WIB. "Memang hujan cukup deras. Begitu mendapat laporan kita langsung bergrak ke lokasi longsor," pungkasnya. (BS04)
T#g:BencanalongsorNiasTanah longsorBasarnas
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 8 jam lalu

    Pertengahan November Mendatang, Ya Ahowu Nias Festival 2019 Akan Digelar di Kepulauan Nias

    Beritasumut.com-Ya’ahowu Nias Festival (YNF) merupakan pesta budaya tahunan daerah se-Kepulauan Nias (Kab. Nias, Kab. Nias Selatan, Kab. Nias

  • 4 hari lalu

    Nias Utara Diguncang Gempa 4,8 SR

    Beritasumut.com-Gempa bumi berkekuatan M=4.8 mengguncang wilayah Kabupaten Nias Utara dan sekitarnya, Rabu (16/10/2019) pagi tadi, sekitar pukul 09

  • 5 hari lalu

    Samudera Hindia Pantai Barat di Sumatera Diguncang Gempa

    Beritasumut.com-Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat di Sumatera diguncang oleh gempa bumi tektonik berkekuatan M=5,9 Selasa (15/10/2019) pukul 05.

  • 3 minggu lalu

    Inilah Tempat Layanan WIFI Gratis yang Disediakan Pemkab Nias Utara

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara menyediakan layanan wifi gratis di beberapa tempat di Kabupaten Nias Utara. Lokasi pemasan

  • 4 minggu lalu

    Tingkatkan Mitigasi Bencana, Pemprov Sumut Dukung Latma Pacific Partnership 2020

    Beritasumut.com–Seluruh elemen masyarakat harus mempersiapkan diri dan memahami pentingnya mitigasi atau upaya mengurangi risiko bencana, bai

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.