Peristiwa

Cari Ikan di Laut, Dua ABK KM Felanor yang Hilang Akhirnya Ditemukan


Cari Ikan di Laut, Dua ABK KM Felanor yang Hilang Akhirnya Ditemukan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Dua Anak Buah Kapal (ABK) KM Felanor yang hilang saat mencari ikan di Perairan Laut Sawu, akhirnya berhasil diselamatkan oleh SPKKL Kupang Bakamla RI bersama tim SAR gabungan. Kedua korban berhasil ditemukan di Tg. Lewurang, Flores Timur, dan selanjutnya diserahkan kepada keluarganya dalam kondisi selamat, di Kupang, Rabu (04/04/2018).
 
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono mengungkapkan, laporan hilangnya ABK diterima Basarnas Kupang pada Selasa (03/04/2018) sekira pukul 06.00 Wita dari pemilik kapal KM Felanor yang mendapat informasi dari nakhkoda KM Felanor bahwa dua ABK menghilang. 
 
"Pada Minggu (01/042018) pukul 21.00 Wita KM Felanor dan KM Cep 03 mencari ikan di Laut Sawu dan kemudian meninggalkan dua ABK tersebut pada area rumpon dengan menggunakan sampan, setelah itu kedua kapal motor pergi mencari ikan di tempat lain. Namun ketika kembali untuk menjemput dua ABK tersebut tidak berada di tempat semula," ungkap Mardiono.
 
Rupanya, lanjut Mardiono, kedua ABK tidak sabar menunggu kedatangan KM Felanor sehingga memutuskan untuk pergi ke pulau terdekat dengan cara mendayung, dan berhasil tiba dengan selamat di Tg. Lewurang Flores Timur.
 
"Personel SPKKL Kupang yaitu Frengky Jezua dan Jopi Jakobis Menoh yang turut serta dalam operasi pencarian tersebut bersama tim gabungan segera melakukan pencarian setelah mendapat laporan ABK hilang, dimulai sejak pukul 09.00 Wita di lokasi rumpon. Selanjutnya pada pukul 16.15 Wita setelah diterima kabar posisi ABK maka tim SAR bergerak menuju lokasi untuk mengevakuasi korban dengan KN SAR Antareja 233. Selanjutnya korban dibawa ke Pelabuhan Navigasi Kupang untuk diserahkan kepada keluarganya," pungkas Mardiono.(Rel)
 

Tag:Bakamla RILautNelayanNelayan HilangTim SAR