Jumat, 19 April 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Caleg Gerindra dan 3 Timsesnya Terjaring OTT Money Politic di Nias

Caleg Gerindra dan 3 Timsesnya Terjaring OTT Money Politic di Nias

Selasa, 16 April 2019 18:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Tingkat 1 yang diusung oleh Partai Gerindra, bernama Damili R Gea (54) warga Jalan Deli Hijau, Villa Manila Kelurahan Tanjung Sari, Medan Selayang/Jalan Sirao Dalam, Kelurahan Pasar, Gunungsitoli terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Money Politic oleh personel Polres Nias.
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh, selain Damili, sebanyak 3 orang timsesnya juga ikut diamankan, yakni, Meliedi Harefa alias Ama Wiwin (37) warga Desa Sisarahili Kecamatan Namohalu Nias Utara, kemudian Kesaktian Telaumbanua (18) warga Desa Fadoro Lasara Gunungsitoli, serta Fatolosa Lase (55) warga Desa Berua Kecamatan Namohalu Esiwa Nias Utara. "Benar, seorang Caleg di Nias bersama 3 orang timsesnya telah diamankan Polres Nias terkait dugaan Money Politic," ungkapnya Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (16/04/2019).
 
Lebih lanjut MP Nainggolan menjelaskan, penangkapan ini dilakukan oleh Polres Nias bersama-sama Bawaslu Kota Gunungsitoli pada pukul 02.30 WIB, dini hari tadi. Penangkapan tersebut dilakukan, di Posko Relawan Caleg DPRD Provinsi Sumut Dapil 8 Kepulauan Nias dari Partai Gerindra Nomor Urut 5 atas nama Damili R Gea di Jalan Sirao, Kelurahan Pasar Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli. "Sebelumnya personel Sat Reskrim Polres Nias terlebih dahulu mendapatkan informasi tentang adanya dugaan Money Politik. Sehingga dilanjutkan dengan penyelidikan lalu berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Gunungsitoli," jelasnya.
 
Atas penyelidikan tersebut, terang dia, Personel Sat  Reskrim Polres Nias kemudian melakukan pembuntutan terhadap1 unit sepeda motor yang keluar dari Posko Relawan itu yang dikendarai oleh seorang pria bernama Meliedi Harefa alias Wiwin yang berboncengan dengan Kesaktian Telaumbanua. Sesampainya di Simpang Jalan Sisingamangaraja (Simpang Tandrawana) sepeda motor tersebut diberhentikan dan pengendaranya disuruh untuk membuka jok sepeda motornya. "Ternyata di dalam jok ditemukan 1 blok uang senila Rp 20 juta yang terdiri dari uang pecahan Rp 20 ribu," terangnya.
 
Dari keterangan keduanya, lanjut MP Nainggolan, diketahui bahwa uang tersebut diambil dari Posko Relawan Caleg Propinsi Sumut atas nama Damili R Gea. Mereka juga mengakui, kalau uang tersebut diambil dan diserahkan oleh seorang pria bernama Fatolosa Lase kepada Meliedi Harefa. "Kemudian keduanya dibawa Posko Relawan, dan personel pun bertemu dengan Damili. Kepada petugas, Damili mengakui bahwa dirinya benar ada menyerahkan uang kepada Fatolosa Lase sebanyak Rp 60 juta untuk keperluan pemenangan dirinya sebagai Caleg," bebernya.
 
Setelah mengamankan Damili, MP Nainggolan menuturkan, tim pun melakukan pencarian terhadap Fatolosa. Sehingga, tak lama kemudian, Fatolosa berhasil diamankan saat sedang mengendarai sepeda motor, beserta uang tunai sebesar Rp 40 juta. "Saat diinterogasi, Fatolosa mengakui telah menerima uang dari Damili yang diserahkan di Posko Relawan," tuturnya.
 
MP Nainggolan memaparkan, dari pengakuan Fatolosa juga, uang dengan total Rp 60 juta tersebut, rencananya akan dibagikan kepada 24.000 orang pemilih di Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur. Adapun besaran uang yang akan dibagikan untuk setiap orangnya ialah Rp 20 ribu dengan total sebesar Rp 48 juta. Sedangkan Rp 12 juta lagi untuk uang minyak tim sukses yang bekerja di lapangan.
 
Selain uang, tambah MP Nainggolan, dari Posko Relawan tersebut, petugas juga mendapatkan dokumen tanda terima uang kepada Fatolosa beserta catatan jumlah pemilih dan nama pemilih serta foto copy KTP pemilih di setiap Desa di Wilayah Kecamatan Namohalu Esiwa dan Kecamatan Lahewa Timur. "Atas temuan itu, Damili dan ketiga timsesnya beserta barang bukti dibawa ke Polres Nias untuk dilakukan interogasi awal, sebelum diserahkan ke Bawaslu Kota Gunungsitoli," pungkasnya.
 
Informasi yang didapat, Damili sendiri merupakan DPRD Provinsi Sumut Dapil 8 (Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Selatan) dari Partai Gerindra nomor urut 5. Damili sendiri juga diketahui sebagai Ketua tim Pemenangan Capres-Cawapres No 02 se Kepulauan Nias. (BS04)
T#g:Fraksi GerindraMoney PoliticNiasPemilu 2019
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 18 menit lalu

    Partisipasi Pemilih Capai 80,90 Persen, Menko Polhukam: Presiden Terpilih Miliki Legitimasi Tinggi

    Beritasumut.com-Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamaan (Menko Polhukam) Wiranto mengemukakan, partisipasi pemilih pada Pemilihan Um

  • 21 jam lalu

    Patroli Cipta Kondisi Pemilu 2019, Kapoldasu dan Pangdam I/BB Kelilingi Kota Medan dan Binjai

    Beritasumut.com–Melaksanakan Patroli Pengamanan Cipta Kondisi Pileg dan Pilpres tahun 2019 pada Rabu (17/04/2019) kemarin, Kapolda Sumut Irje

  • 23 jam lalu

    Polri dan TNI Patroli Skala Besar, Pastikan Pemilu 2019 di Sumut Aman

    Beritasumut.com–Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Agus Andrianto menyebutkan situasi Kamtibmas di Provinsi Sumatera Utara pada saa

  • 24 jam lalu

    Pantau TPS, Kapolres Pelabuhan Belawan Sebut Pemilu 2019 Aman dan Kondusif

    Beritasumut.com–Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan SH MH, memantau sejumlah TPS pada pemilu 2019 di Jalan Metal, Kelurahan Tanjung Mulia,

  • kemarin

    Kapolrestabes Medan Sebut Pemilu Berjalan Kondusif, Masyarakat Diminta Tunggu Data Resmi KPU

    Beritasumut.com-Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto menegaskan pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Medan dan sekitarnya yang digelar pada Ra

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.