Sabtu, 29 Februari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Bupati Tobasa Harapkan Penerima PKH Lebih Giat untuk Bekerja

Bupati Tobasa Harapkan Penerima PKH Lebih Giat untuk Bekerja

Minggu, 20 Oktober 2019 08:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Bantuan Sosial (Bansos) yang diserahkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) merupakan stimulan, untuk mendorong penerima lebih giat bekerja meningkatkan taraf hidup perekonomiannya, sehingga dengan demikian berkurang angka dan mata rantai kemiskinan terputus.
 
Hal ini dikatakan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian saat menyerahkan Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap IV secara simbolik kepada warga masyarakat penerima se-Kecamatan Balige di Balerong Pelabuhan Balige.
 
Bupati mengatakan, perlu diingat bahwa penerima sekarang tidak selamanya menerima PKH ketika ekonominya sudah baik, karena itu dipesankan, supaya bansos PKH benar-benar dipergunakan sesuai peruntukkannya.“Jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak begitu penting, agar bansos ini bisa membantu peningkatan ekonomi kita,” kata Bupati dilansir dari laman tobasamosirkab.go.id, Minggu (20/10/2019).
 
Sebelumnya, Kadis Sosial Tobasa Rajaipan Sinurat menyebutkan, jumlah penerima PKH tahap IV di Tobasa sebanyak 3.876 orang.“Tapi khusus untuk Balige, jumlah yang akan menerima hari ini 412 orang,” sebut Rajaipan.
 
Rajaipan juga menjelaskan, perubahan besaran bansos PKH. Sebelumnya Bansos untuk Ibu Hamil (Bumil) Rp2,4 juta per Tahun, berubah menjadi Rp2,225 juta. Anak Usia Dini juga sama, dari Rp2,4 juta menjadi Rp2,225 juta. Untuk SD, sebelumnya Rp900 ribu berubah menjadi Rp850 ribu. SMP dari Rp 1,5 Juta menjadi Rp 1,4 Juta. Selanjutnya, untuk SMA dari Rp2 juta menjadi Rp1,850 Juta, Disabilitas dari Rp 2,4 juta menjadi Rp2,225 juta dan untuk Lansia dari Rp2,4 juta berubah menjadi Rp2,225 juta per Tahun. “Ini sesuai Surat Kemensos,” katanya.
 
Selain itu Rajaipan juga menyampaikan bahwa tahun 2020, penerima PKH untuk Tobasa akan bertambah 896 orang. Khusus untuk Balige penerima PKH bertambah 104 orang.“Ini berkat perjuangan Bupati dan kita bersama. Bupati mau hadir di Kemensos menyampaikan usulan penambahan dan setelah di validasi, sebanyak 897 orang disetujui Kemensos penambahannya,” katanya.
 
Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Kominfo Lalo Simanjuntak, Kepala BPBD Herbert Pasaribu, Camat Balige Pantun J. Pardede, Lurah Napitupulu, sejumlah pejabat lainnya.(BS09)
 
T#g:BansosPKHTobasa
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Hulman Sitorus Sebut Tahun 2020 Total Dana Desa di Toba Rp 230 Miliar

    Beritasumut.com-Total anggaran yang dikucurkan pemerintah untuk program Dana Desa pada 5 (lima) tahun terakhir ini sebanyak Rp.329,8 Triliun. Untuk

  • satu bulan lalu

    Jelang Kedatangan Raja Belanda di Danau Toba, Bupati Minta PT Inalum Bantu Pemkab Tobasa

    Beritasumut.com-Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian meminta PT Inalum untuk berperan serta terhadap perkembangan Danau Toba, terutama dalam

  • satu bulan lalu

    Effendi Napitupulu Diambil Sumpah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tobasa

    Beritasumut.com-Ketua Pengadilan Negeri (PN) Balige Paul Marpaung SH MH mengambil sumpah pimpinan DPRD Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) masa jabatan

  • 2 bulan lalu

    Bupati Tobasa Berharap Kritikan dari Warga Jangan Melalui Medsos

    Beritasumut.com-Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian berharap agar warga yang mau melakukan kritik, saran, dan masukan langsung disampaikan

  • 2 bulan lalu

    Ambil Sumpah 103 Kepala Desa, Bupati Tobasa: Jabatan adalah Pengabdian Bukan Menonjolkan Kekuasaan

    Beritasumut.com-Sebanyak 103 kepala desa terpilih yang merupakan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa)

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.