Peristiwa

Bupati Tapteng Buka Pesparawi Wilayah II di HKBP Pandan


Bupati Tapteng Buka Pesparawi Wilayah II di HKBP Pandan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani membuka secara resmi Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Kabupaten Tapteng Tahun 2017 Wilayah II meliputi Kecamatan Pandan, Tukka, Sarudik, Sitahuis, dan Tapian Nauli bertempat di Gereja HKBP Pandan, pertengahan pekan ini.
 
"Pada tahun 2016 yang lewat semasa kami menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupateng Tapteng, mendukung sepenuhnya dilaksanakan kembali Pesparawi Kabupateng Tapteng dan menampung anggarannya di APBD Kabupaten Tapteng sebesar 500 juta rupiah, pada tahun 2017 sebesar 600 juta rupiah dan pada tahun 2018 diusulkan sebesar 700 juta rupiah," ungkap Bupati dilansir dari laman resmi tapteng.go.id, Kamis (21/09/2017).
 
Lebih jauh Bupati mengungkapkan, bahwa kegiatan Pesparawi ini penting bagi umat Kristiani dalam upaya meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nalai keagamaan. "Semoga umat Kristiani Tapteng dengan melantunkan lagu-lagu Gereja yang tentunya sarat dengan pesan-pesan moral dan spritual untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama dalam membangun dan meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," jelasnya.
 
Pemkab Tapteng, sambung Bupati, terus berupaya meningkatkan pembangunan bidang spritual, yang diarahkan pada peningkatan keimanan, ketaqwaan, dan pemahaman keagamaan, serta memberikan kemudahan bagi umat beragama dalam menjalankan ibadahnya.
 
"Oleh karena itu, pembangunan bidang Agama juga mencakup dimensi kerukunan hidup antar umat beragama, mendukung peningkatan saling percaya dan harmoni diantara mereka. Dimensi kerukunan ini sangat penting dalam rangka membangun persatuan dan ikatan yang kuat diantara masyarakat dan bangsa kita yang majemuk," papar Bupati.
 
Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tapteng Syahrun Pasaribu SE diwakili oleh Patricius Rajagukguk menyampaikan bahwa Pesparawi merupakan bagian pembinaan spritualitas melalui lagu pujian, yang dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehingga mencerminkan kehidupan yang sungguh ingin memelihara harmonisasi dan kerukunan dalam kehidupan antar umat beragama di Kabupaten Tapteng dan tanah air pada umumnya. 
 
"Mudah-mudahan melalui Pesparawi melahirkan generasi penerus bangsa dan kegiatan ini merupakan pengamalan Pancasila dalam menjalin hubungan horizontal dengan sesama manusia dan hubungan vertikal dengan Tuhan. Masing-masing pemeluk agama harus dapat saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain. Dengan cara itu juga tercipta kedamaian dalam kehidupan sehari-hari dan kita yakin bahwa agama yang berbeda-beda menjadi perekat dan pemersatu bagi seluruh masyarakat Tapteng," ungkap Syahrun.
 
Kegiatan Pesparawi ini dibagi menjadi 4 wilayah, yaitu Wilayah I Kecamatan Badiri dan sekitarnya yang dilaksanakan pada tanggal 26/09/2017, Wilayah II Kecamatan Pandan dan sekitarnya yang dilaksanakan pada tanggal 19/09/2017, Wilayah III Kecamatan Sorkam dan sekitarnya yang dilaksanakan pada tanggal 29/09/2017, dan Wilayah IV Kecamatan Barus dan sekitarnya yang dilaksanakan pada 03/10/2017. Untuk tahap Final dan Puncak Acara serta penyerahan hadiah dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pandan (10/10/2017) yang akan datang dirangkai dengan acara penutupan.(BS02)
 

Tag:Bupati TaptengGerejaHKBP PandanPesparawi