Peristiwa

Bupati Nias Utara Instruksikan Para Kepala Desa Manfaatkan Dana Desa untuk Cegah Penyebaran Covid-19


Bupati Nias Utara Instruksikan Para Kepala Desa Manfaatkan Dana Desa untuk Cegah Penyebaran Covid-19
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Bupati Nias Utara M Ingati Nazara meninjau langsung desinfeksi serentak yang dilaksanakan di rumah-rumah penduduk, khususnya di Desa Lawira Satua, Kecamatan Lotu dan Desa Lasara Sawo, Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara.

Pada saat melakukan peninjauan langsung desinfeksi yang dilaksanakan, Bupati Nias Utara mengingatkan Kepala Desa Lawira Satua dan Desa Lasara Sawo bahwa untuk selanjutnya dapat melaksanakan desinfeksi secara berkala dan melaksanakan upaya-upaya pencegahan penyebaran Virus Corona memanfaatkan Dana Desa dengan melakukan perubahan APBDes. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Darurat dan Penegasan Padat Karya Tunai (PPKT) Dana Desa dapat digunakan untuk pencegahan dan penanggulangan covid-19.

“Segera lakukan perubahan APBDes. Kepada semua Kepala Desa, jangan ragu, dasar hukumnya sudah ada. Ini tanggungjawab kita bersama mencegah dan menanggulangi wabah ini,” ungkap Bupati dilansir dari laman niasutarakab.go.id, Minggu (05/04/2020).

Bupati juga mengingatkan para Kepala Desa untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar terhindar dari penyebaran virus corona dengan melaksanakan semua himbauan Pemerintah.Bupati juga menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara telah membelanjakan peralatan semprot, sebanyak 70 unit di mana 20 unit dipakai oleh BPBD dan sisanya telah dibagikan keseluruh Kecamatan.

“Peralatan ini sangat langka di pasaran, inilah yang dapat kita usahakan dan manfaatkan saat ini dibantu alat pompa yang ada di masyarakat untuk dipakai mempercepat desinfeksi. Demikian juga alat cuci tangan, pada tahap pertama ini baru 100 set yang sudah terbelanjakan karena hanya itu yang tersedia di pasar sembari menunggu datangnya pesanan barang lainnya dari luar daerah, termasuk APD, masker, obat desinfektan dan alkes lainnya,” sebut Bupati.

Sampai saat ini, lanjut Bupati, Pemda telah melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona. Mulai dari pemberian himbauan-himbauan kepada masyarakat melalui surat-surat edaran, sosialisasi, desinfeksi dan penyediaan tempat cuci tangan tahap pertama sebanyak 100 set yang ditempatkan di pasar-pasar pekan dan tempat-tempat umum serta tempat strategis lainnya.(BS09)


Tag:CoronaNiasNias UtaraVirus Corona