Kamis, 23 Mei 2019

Bupati Langkat Beri Apresiasi Jaksa Garda Desa

Jumat, 19 April 2019 08:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahuddin Mkes MM membuka acara sosialisasi pencanangan Jaksa Garda Desa Kabupaten Langkat tahun 2019.Sosialisasi digelar oleh Kejaksaan Negeri Langkat bekerjasama dengan Dinas PMD Langkat, awal pekan kemarin.
 
Mewakili Bupati, Sekda mengaku menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini, serta berharap seluruh Kades dapat mengikuti momen penting ini dengan sebaik-baiknya."Agar dapat menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Desa," ungkapnya seperti dilansir dari laman langkatkab.go.id, Jumat (19/04/2019).
 
Sekda juga mengatakan upaya pencegahan pengawasan dana penanganan permasalahan DD maupun ADD, perlu dilakukan secara intensif agar tingkat akuntabilitas pengelolaan keuangan Desa semakin tinggi.Untuk itu, Sekda meminta agar dokumen perencanaan yang berkenaan dengan pelaksanaan anggaran (APB DESA), disusun dan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. "Sebagai pengendalian dini dalam pengelolaan keuangan di masing-masing Desa," katanya.
 
Selanjutnya Sekda menerangkan, saat ini prioritas utama pemerintah terkait Dana Desa, untuk peningkatan penyaluran DD mulai dari KPPN sampai ke Rekening Kas Desa (RKD) dan menekan tingkat kebocoran atau penyalahgunaan DD."Oleh karena itu,  saya minta kepada OPD terkait maupun kecamatan, agar meningkatkan fasilitasinya kepada Desa,  terutama yang berkenaan dengan penyiapan dokumen - dokumen dalam penyaluran DD sesuai tahapanya dalam peraturan UU," terangnya. 
 
Sementara itu, Kajari Langkat, Wahyu Syah Brudin SIP SH MH, menjelaskan, Jaksa Garda Desa bukan bentuk intervensi terkait pengelolaan DD, namun andil memberikan kontribusi kepada Desa, agar tersalurkan dengan baik dan benar. "Kegiatan ini tindak lanjut dari MoU Kementerian Desa  dengan Kejaksaan Agung, yang sudah terlaksana pada maret tahun 2018 lalu di Jakarta," sebutnya. 
 
Untuk sosialisasi, kata Kajari, tentang pengawalan, penyaluran dan pemanfaatan DD di Medan, telah dilaksanakan oleh Jaksa Agung Intelijen dengan pejabat Kementerian Desa pada Maret 2019."Sedangkan secara umum, acara sosialisasi ini telah dilaksanakan dibeberapa Kabupaten di Sumut," ujarnya. 
 
Ibrahim Ali SH MH selaku Kasi Intel Kajari Langkat menambahkan, Kementerian Desa berharap kepada Kejagun beserta jajaran melalui tupoksi bidang intelijen dapat mengawal pemanfaatan dan penyaluran DD, di wilayah tugasnya masing-masing."Sebab pemerintah sangat berharap, pengalokasian DD atau ADD disalurkan secara benar agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa," tambahnya.
 
Turut hadir para Asisten dan Staf Ahli Bupati para kepala OPD Pemkab Langkat terkait, plt Kadis PMD Langkat Musti SE MSi, Sekdis PMD Langkat Ir M Mirza, Kabid Pemerintahan Desa Misliadi SE, para Kades se Langkat, serta hadirin lainnya.(BS09)
 
T#g:Dana DesaLangkat
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 22 jam lalu

    OTT Dana BOS di Langkat, Poldasu Periksa 18 Saksi, Tersangka Masih 3 Orang

    Beritasumut.com-Penyelidikan terkait kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Ruang kelas 1 B SD Negeri 050765 Lingkungan IV, Kelurahan Pekan Gebang,

  • 2 minggu lalu

    Bupati Langkat Akan Tindak Tegas SKPD yang Tak Respon Keluhan Warga Melalui E-Laga

    Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat dr Indra Salahudin memerintahkan kepada seluruh SKPD terkait, yang tergab

  • 2 minggu lalu

    Poldasu Tahan Tiga Tersangka Terkait OTT Dugaan Dana BOS di Langkat

    Beritasumut.com-Sebanyak tiga tersangka ditahan Penyidik Ditreskrimsus Poldasu terkait kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) pengutipan dana Bantuan O

  • 2 minggu lalu

    OTT Korupsi, Belasan Kepala Sekolah di Langkat Diamankan Poldasu

    Beritasumut.com–Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sumut kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap belasan Kepala Sekolah

  • 2 minggu lalu

    Sopian Sitepu: KPU Langkat Berterimakasih kepada Polri dan TNI

    Beritasumut.com–Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat Sopian Sitepu menyampaikan terima kasihnya kepada jajaran Polri khususnya

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.