Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Bupati Bersama Ketua TP PKK Langkat Tepung Tawari 483 Jamaah Calon Haji Langkat 1440 H

Bupati Bersama Ketua TP PKK Langkat Tepung Tawari 483 Jamaah Calon Haji Langkat 1440 H

Sabtu, 06 Juli 2019 14:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA bersama ketua TP PKK Langkat Ny Tiorita Terbit Rencana, menepung tawari Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Langkat, pada acara pelaksanaan manasik haji  terpadu dan tepung tawar CHJ Langkat 1440 H, di Serambi  Jentera Malay Rumdis Bupati Langkat, Stabat, Rabu (03/07/2019).
 
Takbir dan tahmid yang dilantunkan menjadi pengiring Bupati dan Ketua TP PKK Langkat saat menepung tawari jamaah, saat itu ribuan doa kebaikan dan keselamatan terlahfazkan dari seluruh yang hadir, saat itu rasa haru  bahagian tercurahkan melalui air mata syukur dari  JCH , melabur dalam suasana itu.
 
Pada kesempatan itu, Bupati dan Ketua TP PKK Langkat juga memberikan bingkisan berupa kain sarung dan pulut kuning kepada seluruh  JCH , yang diserahkan secara simbolis kepada  JCH usia tertua dan termuda.
 
Bupati pada sambutannya, berpesan agar JCH selalu menjaga kesehatan, tetap melakukan olahraga fisik ringan khususnya jalan kaki.  Serta  JCH agar tidak memiliki rasa cemas untuk berangkat nanti, karena pemerintah sudah mengupayakan perjalanan dengan fasilitas yang baik.  
 
“Selain itu, jangan lupa untuk berangkat ke tanah suci  dengan  berbekal ketaqwaan, sesuai firman Allah pada surah al – baqarah ayat 197 yang menyatakan  Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah taqwa,”ujarnya.
 
Bupati juga berpesan kepada para petugas yang diberikan amanah baik sebagai Kepala Regu (Karu) maupun  Kepala Rombongan (Karom) dan petugas haji lainnya. Agar melaksanakan fungsi yang diemban sebagaimana mestinya.  Untuk jamaah semuanya juga diharapkan menghilangkan ego pribadi, dengan  menyadairi bahwa semua adalah satu, satu untuk semua, dalam semangat kebersamaan, kekompakan, saling membantu dan saling berempati.
 
“Untuk pengelompokan Karom dan Karu, tujuannya bukan untuk memisahkan namun untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi bagi seluruh JCH,” terangnya.
 
Selanjutnya Bupati berharap, sesampainya  para  JCH di tanah suci, setelah berdoa untuk diri dan keluaraganya.  Dapat mendoakan seluruh masyarakat Langkat,  agar senantiasa dalam perlindungan Allah SWT, dan  dijadikannya kita masyarakat yang berakhlak,  generasi yang terlindungi dari perilaku negatif dan kejahatan moral.
 
Ketua DPRD Langkat Surialam, dikesempatan sama,  berharap momentum kegiatan ini tidak hanya dijadikan  kepentingan keilmuan saja, namun  sebagai sarana membina silaturahmi untuk merajut rasa persaudaraan.
 
“Semoga acara tepung tawar ini, menjadi setawar sedingin dan doa kita bagi kelancaran ibadah haji 1440 H,”doanya.
 
Kakan Kemenag Langkat Zulpan Efendi selaku kepala staf haji Langkat, pada laporannya, sebagai wujud perhatian  Pemkab Langkat  kepada jamaah, memberikan fasilitas antara lain, pelaksanaan manasik haji gabungan, disediakan komsumsi dan snack selama kegiatan  maupun saat keberangkatan nanti.
 
Untuk keberangkatan  JCH Langkat di bagi 2 Kloter, kata Efendi,  yaitu kloter 2 dan kloter 8. Untuk keberangkatan kloter 2,  Pemkab Langkat menyiapkan  1 unit mobil pengawalan dari Dishub dan 1 unit dari Polres Langkat, 9 unit bus pariwisata, 3 unit truck untuk pengangkutan koper ke Asrama Haji serta 1 unit ambulance untuk mendampingi.
 
“Sedangkan untuk kloter 8 mobil pengawalan tetap siaga, ditambah 2 unit bus pariwisata serta 1 unit truck untuk pengangkutan koper ke Asrama Haji,   juga 1 unit ambulance untuk mendampingi,’paparnya.
 
Untuk jumlah  JCH Langkat ditahun ini, terang Kakan Kemenag, sebanyak 483 orang,  yang tergabung dalam 2 kloter yakni kelompok terbang 2 sebanyak 393 orang dan kelompok terbang 8 sebanyak 90 orang, terdiri atas 11 Karom 43 Karu Dan 3 TPHD daerah dan 1 TPHD propinsi, serta ditambah 5 orang petugas haji lainnya.
 
Bagi jamaah yang tergabung dalam kloter 2, sambung Efendi, akan dilepas secara resmi oleh Bupati dan unsur Forkopimda Langkat  pada hari jum’at 12 juli 2019 pukul 08.30 wib, bertempat Di Tribun Alun – Alun T. Amir Hamzah.
 
“Sementara bagi jamaah yang tergabung di kloter 8, akan dilepas oleh Bupati Langkat pada hari kamis 18 juli 2019 pukul 14.30 wib, di Serambi Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat,”sampainya.
 
Turut hadir unsur Forkopimda Langkat, Sekdakab Langkat dr Indra Salahudin, Ketua Pengadilan Negeri Stabat, Ketua Pengadilan Agama Stabat, Para Pejabat Pemkab Langkat, ketua Baznas Langkat, ketua MUI Langkat, wakil ketua TP PKK Langkat dan Ketua DWP Langkat, pimpinan organisasi wanita, unsur pengurus Ormas keagamaan, para narasumber kegiatan, Camat dan kepada KUA se Langkat, pengurus IPHI Langkat, para petugas dan unsur pendamping haji 1440 H, para  JCH 1440 H dan undangan lainnya.(rel)
T#g:Idul AdhaHajiibadah hajitepung tawar jamaah hajiUmroh
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Walikota Medan Hadiri Syukuran dan Penyambutan Jemaah Haji Yang Telah Kembali

    Beritasumut.com-Sebagai ungkapan rasa syukur karena seluruh jemaah haji asal Kota Medan telah seluruhnya kembali, usai menunaikan Rukun Islam kelim

  • 7 hari lalu

    Biaya Visa Progressif Umrah dan Haji Dikurangi

    Beritasumut.com-Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan baru terkait biaya visa progressif. Konsul Haji Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI di Jedda

  • satu minggu lalu

    PPIH Canangkan Peningkatan Program Bimbingan Ibadah dan Pertahankan Sistem Zonasi di Tahun 2020

    Beritasumut.com-Penyelenggaraan ibadah haji 1440H/2019M mendekati fase akhir. Penanggung Jawab Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Nizar Ali m

  • satu minggu lalu

    Fase Akhir Penyelenggaraan Haji 1440H, Kloter Terakhir Pulang 15 September 2019

    Beritasumut.com-Penyelenggaraan ibadah haji 1440H/2019M sudah mendekati fase akhir. Kelompok terbang (kloter) terakhir akan pulang dari Madinah men

  • 2 minggu lalu

    Pemerintah Arab Saudi Turunkan Biaya Visa Progressif Umrah dan Haji, Kini Hanya 300 Riyal

    Beritasumut.com-Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan baru terkait biaya visa progressif. Konsul Haji Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI di Jedda

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.