Selasa, 19 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Bertolak ke Thailand, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri KTT ASEAN

Bertolak ke Thailand, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri KTT ASEAN

Sabtu, 22 Juni 2019 16:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Sabtu (22/06/2019) bertolak menuju Bangkok, Thailand, dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEAN.
 
Dalam KTT yang berlangsung selama dua hari tersebut, Presiden Jokowi akan mendorong ASEAN untuk tetap bersatu dan kokoh dalam menyikapi situasi dunia serta perkembangan global yang sangat dinamis saat ini yang tentunya akan membawa pengaruh bagi kawasan Asia Tenggara.
 
Salah satu upaya menyikapi situasi yang sangat dinamis ini, Presiden Jokowi akan mendorong agar negara-negara anggota ASEAN menyepakati Pandangan Bersama tentang konsep Indo-Pasifik ASEAN karena konsep ini sangat penting untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara yang telah berlangsung dengan baik di tengah dinamika geopolitik yang berkembang cepat.
 
Kepala Negara dalam KTT ASEAN ini juga akan mengingatkan komitmen terhadap penyelesaian negosiasi Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) yang penting ditingkatkan dalam merespons perkembangan ekonomi dunia.
Isu lainnya yang akan diangkat oleh Presiden Jokowi adalah isu Rakhine State.
 
Selain menghadiri KTT ASEAN, Presiden Jokowi juga akan memimpin KTT ke-12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Summit dan menghadiri pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Summit yang ke-13.
Presiden Jokowi juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pimpinan negara ASEAN.
 
Usai menghadiri KTT, Presiden Jokowi dan rombongan akan langsung kembali ke Tanah Air. Rencananya, Presiden, Ibu Iriana, dan rombongan akan tiba di Jakarta pada Minggu (23/6) malam.
 
Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Bangkok, Thailand, adalah Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
 
Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah terlebih dahulu berada di Bangkok, Thailand untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dan mempersiapkan kedatangan Presiden.(rel)
T#g:ASEANKTTKTT ASEANkunjungan presiden
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol di Lampung

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah pejabat pemerintah melakukan kunjungan kerja ke Lampung, Jumat (15/11/2019), untu

  • 2 minggu lalu

    Setuju Soal Sawit, India Minta Indonesia Beli Beras dan Gula Produknya

    Beritasumut.com-Pemerintah India menyetujui persyaratan yang diminta Indonesia terkait ekspor kepala sawit agar tidak ada perbedaan dengan Malaysia

  • 2 minggu lalu

    Bertemu di Bangkok, Presiden Jokowi dan Managing Director IMF Bahas Ekonomi

    Beritasumut.com-Usai menghadiri KTT ASEAN-RRT, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pertemuan dengan Managing Director Dana Moneter Internasion

  • 3 minggu lalu

    15 Delegasi Coast Guard dari 5 Negara ASEAN Ikuti EGM On ACF di Jakarta

    Beritasumut.com-Sebanyak 15 delegasi dari 5 negara ASEAN berkumpul di salah satu hotel di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019). Merek

  • 2 bulan lalu

    Pola Interaksi Sosial Berubah, Presiden Jokowi Ingatkan Pentingnya Kasih Saya Dalam Keluarga

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, sekarang ini ada perubahan-perubahan cepat yang juga tidak kita sadari, yaitu interaksi

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.