Selasa, 17 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Bertemu Kelompok Tani, Presiden Sampaikan Pentingnya Modernisasi Penggilingan Padi dan Mesin Kemasan

Bertemu Kelompok Tani, Presiden Sampaikan Pentingnya Modernisasi Penggilingan Padi dan Mesin Kemasan

Rabu, 03 April 2019 21:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Ada dua hal yang penting dalam pengolahan padi yakni memodernisasi penggilingan dan juga mesin kemasan.
 
Hal tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Silaturahim dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) se-Jawa Tengah, di Gedung Olahraga (GOR) Diponegoro Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Rabu (03/04/2019).
 
Kepala Negara juga menyampaikan bahwa banyak petani sudah bertahun-tahun menjemur padi baik di jalan maupun pelataran. Untuk itu, menurut Presiden, penting bagi seluruh penggilingan padi ini memiliki dryer.
 
Kualitasnya turun, lanjut Presiden karena hanya dijemur dan tidak masuk ke dryer. “Ini sudah kita alami bertahun-tahun masak mau kita teruskan. Zaman sudah modern kayak gini. Penggilingan ada dryer-nya,” tambahnya.
 
Hal kedua yang penting, menurut Presiden, adalah mesin kemasan. “Kalau bisa juga yang namanya di penggilingan padi juga ada mesin kemasannya. Penting sekali,” ujar Presiden.
 
Keluar dari mesin itu, sambung Presiden, sudah dalam bentuk kemasan-kemasan yang siap dijual atau siap dipakai sendiri.
 
“Mesin kemasan juga enggak mahal kok, untuk packaging enggak mahal. Jadi semuanya nanti ada tulisan semuanya di Sragen. Misalnya ada merek, diberi merek apa. Dari kecamatan mana diberi merek apa. Mereknya biar muncul, Sragennya biar muncul,” ujar Presiden.
 
Pada kesempatan itu, Presiden menyampaikan pentingnya untuk mengubah diri dan meninggalkan pola-pola lama karena jika tidak akan ditinggal oleh negara-negara lain.
 
“Jangan sampai kita ini kalah, kita ini negara besar. Masak kita kalah dengan tetangga kita urusan ekspor urusan investasi kalah dengan Malaysia, kalah dengan Singapur, kalah dengan Filipina, kalah dengan Thailand, kalah dengan Vietnam,” ujar Presiden seraya menambah jika diam saja mungkin akan bisa kalah dengan Laos dan Kamboja.
 
Lebih lanjut, Presiden menegaskan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan penduduk 269 juta jiwa. Indonesia juga, menurut Presiden, dianugerahi oleh Allah dengan beragam perbedaan seperti suku, agama, adat, tradisi, dan budaya.
 
Untuk itu, Presiden minta untuk tetap terus menjaga dan merawat persatuan. “Menjaga dan merawat kerukunan kita. Menjaga dan merawat persaudaraan kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air,” tuturnya, seperti dilansir setkab.go.id.
 
Kepala Negara juga menyampaikan nanti setelah tanggal 17 April ingin mengajak Perpadi dan Gapoktan ke istana.
 
“Berbicara dengan Bulog, berbicara dengan bank, khusus masalah padi, beras, pupuk, mesin pengering, mesin penggilingan, mesin packaging, khusus. Sehingga betul-betul kita berubah semuanya,” pungkasnya.
 
Selain Ibu Negara Iriana, turut mendampingi Presiden dalam acara kali ini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.(BS01)
T#g:kunjungan presidenPertanianpetani
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Plt Bupati Labuhanbatu Harapkan Petani untuk Berinovasi

    Beritasumut.com-Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe mengharapkan petani dan peternak untuk terus berinovasi. Masyarakat Labuhanbatu me

  • satu minggu lalu

    Pola Interaksi Sosial Berubah, Presiden Jokowi Ingatkan Pentingnya Kasih Saya Dalam Keluarga

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, sekarang ini ada perubahan-perubahan cepat yang juga tidak kita sadari, yaitu interaksi

  • 2 minggu lalu

    Terbaik Dibanding 3 Lainnya, Presiden Jokowi Apresiasi Kawasan Waterfront City Sungai Kapuas

    Beritasumut.com-Usai menyerahkan sertifikat hak tanah untuk rakyat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerjanya menuju Mako Lantam

  • 2 minggu lalu

    Ke Kalbar, Presiden Jokowi Serahkan SK Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke  Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis 05/09/2019), untuk untuk

  • 2 minggu lalu

    Ekspose Penyiapan Data Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Dibuka Walikota Medan

    Beritasumut.com-Petani yang bergerak di bidang pertanian pangan adalah lini utama dari ketahanan pangan di Indonesia. Karena itu, sejak lama pemeri

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.