Sabtu, 17 Agustus 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Berlebaran di Tanah Afrika Dar es Salaam, Obat Rindu Para WNI

Berlebaran di Tanah Afrika Dar es Salaam, Obat Rindu Para WNI

Jumat, 07 Juni 2019 11:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Merayakan Hari Raya Idul Fitri di tanah orang lain selalu memiliki cerita tersendiri. Kerinduan terhadap suasana Idul Fitri di tanah air yang penuh suka cita serta penuh dengan makanan Idul Fitri khas tanah air menjadi suatu hal yang harus di hadapi bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) perantau di negeri lain. Hal tersebut tidak terkecuali dengan komunitas WNI yang berada di wilayah KBRI Dar es Salaam, Tanzania.
 
Hal inilah yang melatarbelakangi penyelenggaraan Open House Dubes RI Dar es Salaam pada Selasa (05/06/2019) kemarin, di Balai Nusantara, Wisma Duta RI, Dar es Salaam. Open House bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahim antara sesama WNI di wilayah akreditasi dan mengobati kerinduan para WNI akan suasana lebaran di tanah air.
 
Hadir dalam acara ini keluarga Duta Besar Ratlan Pardede, seluruh staf KBRI Dar es Salaam, serta WNI negara akreditasi. Dalam kesempatan tersebut, turut hadir pula tamu khusus dari komunitas muslim Tanzania, yang diwakili oleh Sheik Issa Othman Issa, Imam Besar Masjid Ma’amoor (Masjid terbesar di Tanzania) yang juga menjadi anggota National Council of Ulamaa, serta delegasi dari Liga Tari UI yang tengah berada di Tanzania untuk dalam rangka misi budaya untuk perhelatan Indonesian Cultural Day yang akan diselenggarakan pada tanggal 8 Juni 2019.
 
Dubes RI Ratlan Pardede berharap momen Idul Fitri, masyarakat Indonesia dapat saling memaafkan dan tetap bersatu meskipun memiliki pilihan politik yang berbeda pada saat penyelenggaraan Pemilu yang lalu. “Marilah kita saling memaafkan untuk menuju suatu kesuksesan di dalam hal pekerjaan kita dan kehidupan kita," ungkap Pardede dalam siaran persnya, Kamis (07/06/2019).
 
Sheikh Issa salah seorang tamu khusus menyampaikan kekagumannya terhadap keramahtamahan masyarakat Indonesia yang terlihat melalui para WNI di Tanzania yang murah senyum.
 
Sedangkan Indah Paramita selaku perwakilan WNI yang telah tinggal di Tanzania selama 4 tahun juga membagikan pengalamannya terkait suasana kekeluargaan yang muncul dalam berbagai program pembinaan WNI KBRI Dar es Salaam. “Suasananya sangat akrab dan penuh kekeluargaan. Meskipun kita jauh dari tanah air, kita tetap merasakan hangatnya lebaran di luar negeri,” ujar Indah.
 
Senada, Ragil, salah satu anggota Tim Liga Tari Universitas Indonesia yang tengah berada di Tanzania juga menyampaikan apresiasinya terhadap perayaan Idul Fitri di Dar es Salaam. “Ini adalah pengalaman pertama saya berlebaran di perantauan. Di sini, kita benar-benar merasakan lebaran seperti di rumah, dengan berbagai macam makanan dan kehangatan sebagaimana kita di rumah,” jelasnya.
 
Total WNI di wilayah akreditasi KBRI Dar es Salaam mencapai 133 orang, dengan latar belakang yang beragam, yaitu antara lain pekerja ahli, pemuka agama, Ibu Rumah Tangga, dan pebisnis. KBRI Dar es Salaam berupaya untuk terus meningkatkan intensitas people-to-people contact antara RI dan Tanzania agar peluang kerja sama di berbagai sektor, termasuk sektor ekonomi, dapat lebih terbuka.(Rel)
T#g:AfrikaDar es SalaamIdul FitrilebaranMudikTanzaniaWNI
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Dubes RI Dar esSalaam Menjadi Tamu Kehormatan Ekshibisi Pertanian Terbesar di Tanzania

    Beritasumut.com-Duta Besar (Dubes) RI Dar es Salaam, Prof Dr Ratlan Pardede telah mengunjungi Region Simiyu, Tanzania, guna menghadiri Nane-Nane Ag

  • 3 minggu lalu

    KBRI Dar es Salaam Gelar Festival Film Indonesia di Tanzania

    Beritasumut.com-KBRI Dar es Salaam menyelenggarakan Festival Film Indonesia (FFI) di Wisma Duta Besar RI dan Gedung Alliances Francaise, Dar es Sal

  • satu bulan lalu

    Dubes Ratlan Pardede Promosikan Produk Unggulan Indonesia di Hadapan Pengusaha Burundi

    Beritasumut.com-Prof Ratlan Pardede selaku Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Tanzania berkunjung ke Burundi yang terletak di jantung B

  • 2 bulan lalu

    Kasus Pengantin Pesanan di Tiongkok, Kemenag Siap Bantu Lindungi WNI

    Beritasumutc.com-Dalam kurun waktu 2012-2019, sejumlah praktik Pengantin Pesanan terjadi di negara Tiongkok. Disinyalir praktik tersebut merupakan

  • 2 bulan lalu

    Calon Penumpang Bus ALS Mendadak Tewas di Loket

    Beritasumut.com-Seorang calon penumpang bus ALS, bernama Eddy Nasution (42) warga Silayang-layang Kelurahan Wek II Kecamatan Psp Utara, mendadak me

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.