Peristiwa

Berikan Tali Asih, Kapolres Simalungun Sambangi Anak Penderita Saraf Motorik di Bosar Maligas


Berikan Tali Asih, Kapolres Simalungun Sambangi Anak Penderita Saraf Motorik di Bosar Maligas
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, didampingi Ketua Bhayangkari Simalungun Cathy Heri Ompusunggu menyambangi kediaman Arin Maulana (11) amak penderita saraf motorik di Huta IV Keramat Sari Nagori Mayang, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun, pada Rabu (22/01/2020) sekira pukul 13.30 WIB.
 
Kapolres Simalungun, dilansir dari Tribratanews.sumut.polri.go.id, Kamis (23/01/2020), melaksanakan Safari Bakti Sosial dengan memberikan tali asih kepada warga yang tidak mampu menderita penyakit saraf motorik yang menderita gangguan saraf pengerakan yang mengakibatkan terganggunya perkembangan tubuh, hingga otak yang mengecil.
 
Turut hadir dalam Safari Bakti Sosial ini jajaran PJU Polres Simalungun, Kapolsek Bosar Maligas, Camat Bosar Maligas, Pangulu Nagori Mayang, Danramil Pasar Baru, bersama perangkat Nagori.
 
Kedatangan AKBP Heribertus Ompusunggu SIK MSi dan jajarannya disambut Orangtua Arin Maulana yaitu Muslim. Di rumahnya, Muslim mengakui tidak pernah mendapatkan fasilitas layanan Kesehatan atau BPJS selama 2 (dua) tahun, sebab mereka tidak terdata.
 
Persoalan ini menjadi sorotan Tokoh Masyarakat Setempat, S Sembiring. Dia menyebut sangat kecewa setelah mengetahui ada warga tidak mampu, yang tidak terdata oleh Pemkab Simalungun. “Seperti apa pendataan yang dilakukan perangkat pemerintah Nagori? Mengapa ada keluarga tidak mampu tak mendapatkan BPJS, samentara warga lain yang dicurigai mampu ternyata mendapatkan BPJS dengan Program KIS," ucapnya.
 
S Sembiring berharap, agar Polres Simalungun ikut berperan aktif untuk membantu keluarga Arin Maulana agar secepatnya mendapatkan bantuan BPJS. "Diharapkan agar pihak kepolisian memanggil Pangulu atau Camatnya untuk dimintai keterangan. Bisa jadi pendataan BPJS tidak sesuai sasaran, terbukti sudah keluarga mereka belum mendapatkan BPJS," ungkapnya.
 
Sebagaimana diketahui, Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan program yang digagas oleh Presiden RI Joko Widodo dengan tujuan memberi perlindungan kesehatan kepada rakyat dan mengurangi beban mereka dalam menanggung biaya kesehatan. KIS berfungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, yang dapat digunakan di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut. (BS04)

Tag:Bosar MaligasHeribetus OmpusungguKapolres Simalunguntali asih