Peristiwa

Berebut Lahan Garapan Eks PTPN II, Kelompok Tani Sei Bingai Memanas


Berebut Lahan Garapan Eks PTPN II, Kelompok Tani Sei Bingai Memanas
Beritasumut.com/BS08
Pembakaran gubuk oleh petani di lahan garapan eks PTPN II, Sei Bingei, Langkat

Beritasumut.com-Perebutan lahan garapan eks PTPN II seolah tak ada habisnya. Kini perseteruan terjadi di Desa Pasar VI, Kwala Mencirim, Kecamatan Sei Bingei, Langkat, Senin (18/7/2017).

Informasi dihimpun kedua kelompok tani yang saling berseteru adalah kelompok Tani Sei Bingei Jaya yang dipimpin Supriyanto dan di bawah pimpinan Daud Ketaren serta Joko.Di mana kelompok tani Sei Bingai Jaya, mengklaim kalau lahan seluas 2 hektar tersebut sudah sekitar 2 tahunan mereka kuasai. Selama itu juga mereka menanami lahan dengan umbi-umbian dan mambangun gubuk.

Namun, sekemlopok orang di bawah kepemimpinan Daut Ketaren dan Joko, melakukan pembakaran gubuk mereka. Selama dua bulan lokasi yang sudah mereka tanami dikuasai oleh Daut. Kelopom Daut, juga merusak gubuk mereka dan melakukan perusakan fasilitas yang telah dibangun.

Hal ini memancing kemarahan kelompok Sei Bingai Jaya. Mereka kembali membalas serangan itu. Sekitar 400 masyarakat kelompok tani Sei Bingai berkumpul di Kantor Desa Pasar VI Kwala Mencirim, Senin (18/7/2016) siang.

Secara bersama, mereka mendatangi lokasi lahan yang jadi perebutan ini. Lalu mereka melampiaskan kemarahan mereka. Karena tidak ditemukan kelopok lawanya. Mereka merusak gubuk dan membakarnya guna meluapkan emosi.Beruntung kerusuhan tidak meluas atas kehadiran polisi dan personil TNI. "Kini kedua kelopok itu saling intai dan petugas masih bersiaga. Tidak ada yang diamankan dalam kejadian ini. Setelah situasi tenang warga membubarkan diri," ujar salah seorang petugas. (BS08)


Tag: