Senin, 16 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Bentuk Kepedulian Sosial, AMPA Sumut Gelar Sahur On The Road

Bentuk Kepedulian Sosial, AMPA Sumut Gelar Sahur On The Road

Kamis, 08 Juni 2017 19:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Para remaja yang tergabung dalam komunitas Anak Muda Pecinta Alam (AMPA) Sumut menggelar Sahur On The Road.Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama umat manusia, dengan memberikan sahur gratis kepada kaum dhuafa yang melaksanakan puasa Ramadhan.
 
“Bulan Ramadhan identik dengan kegiatan yang sering disebut Sahur on The road, yang sudah menjadi suatu kebiasaan semua masyarakat. Kegiatan ini dapat dilakukan para siswa, mahasiswa, komunitas, club, instansi dan lainnya, dengan berkeliling kota menyusuri jalan-jalan dengan membawa bungkusan yang berisi makanan dan membagi-bagikannya kepada kaum dhuafa sebagai bentuk kepedulian sosial, berbagi nikmat kepada orang-orang yang tidak mampu agar bisa bersahur untuk menjalankan ibadah puasa," ujar Ketua AMPA Sumut Muhammad Bayu Lubis, Kamis (08/06/2017).
 
Ia menjelaskan, AMPA Sumut dengan panggilan hati nurani mengisi Ramadhan tahun ini dengan menggelar acara Sahur on The Road mulai sepanjang jalan Prof HM Yamin, SH, Lapangan Merdeka dan berakhir di Mesjid Raya, dengan membagikan ratusan nasi kotak kepada warga untuk makan sahur. Nasi kotak tersebut antara lain dibagikan kepada warga yang berada di tepi jalan, tukang becak, serta para kaum duafa.
 
Lebih lanjut ia menambahkan, kegiatan ini digelar untuk menumbuhkan kepedulian para pemuda, khususnya yang tergabung dalam AMPA kepada lingkungan. AMPA melaksanakan kegiatan sosial ini dengan tujuan menumbuhkan kepedulian kepada lingkungan, termasuk memberikan pelajaran kepada pemuda tentang arti peduli terhadap lingkungan.
 
Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk syiar agama, membagikan makanan dan sahur bersama dengan kaum dhuafa sangat bermanfaat untuk membentuk karakter generasi muda agar mempunyai empati, peduli sesama, dan sifat gotong-royong.
 
“AMPA Sumut berdiri pada bulan Mei 2015, saat ini memiliki anggota sebanyak 30 orang. Sebelumnya kami juga telah melakukan penanaman pohon di Tele Samosir pada tahun 2015 dan Sibolangit tahun 2016. Kegiatan penanaman pohon ini bertujuan dapat mengurangi dampak pemanasan global dengan kemampuan pohon dalam menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab terjadinya pemanasan global. Selain itu, penanaman pohon untuk mencegah banjir, menjadikan lingkungan tetap teduh dan asri, meningkatkan kesadaran masyarakat sera menurutkan suhu di bumi yang sudah tidak normal lagi,” terangnya.
 
Ia menyebutkan keberadaan komunitas anak muda ini dibentuk agar para kawula muda sebagai generasi penerus dapat melakukan atktivitas yang bermanfaat dan positip serta mengenal lingkungan lebih dekat, sebagai suatu kegiatan agar para kawula muda saat ini terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Apalagi saat ini pemerintah terus perang terhadap narkoba karena negara Indonesia darurat narkoba.
 
“Intinya tujuan dibentuknya AMPA ini agar anak muda sekarang tidak mudah dipengaruhi dari penyalahgunaan narkoba yang telah banyak merengut korban, khususnya para kawula muda. Insya Allah untuk ke depannya AMPA Sumut terus eksis melakukan kegiatan dengan kepedulian terhadap lingkungan alam maupun manusia,” pungkasnya.(BS03)
T#g:AMPA SumutpuasaRamadhansahur on the road
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Buka Puasa Bersama Pertuni Sumut, Wagub Sumut Ingin Disabilitas Center Segera Terealisasi

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menghadiri acara Buka Puasa Bersama dan Khataman Al Quran Persatuan Tuna

  • 3 bulan lalu

    Idul Fitri 1440 H Jatuh Pada Rabu 5 Juni 2019

    Beritasumut.com-Pakar astronomi dari Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya menegaskan bahwa tidak ada referensi empirik visibilitas (ket

  • 3 bulan lalu

    Redam Angka Kriminalitas, Polrestabes Medan Sebarkan 1.405 Pasukan Terlatih

    Beritasumut.com-Polrestabes Medan sebar pasukan sebanyak 1.405 orang yang sudah yang terlatih untuk meredam aksi kriminalitas di Medan. Pasukan

  • 4 bulan lalu

    Di Hadapan LVRI Sumut, Gubernur: Saya Butuh Nasihat Orang Tua

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta agar para orang tua dan ulama terus berbuat bagi bangsa ini, terutama dalam m

  • 4 bulan lalu

    Buka Puasa Bersama Karang Taruna, Wagubsu: Semua Harus Bersinergi Membangun Sumut

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah berbuka puasa bersama pengurus Karang Taruna Sumut di Komplek Palem Indah, J

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.