Senin, 17 Februari 2020

Beasiswa LPDP, Ada Perlakuan Khusus untuk Difabel

Rabu, 25 Mei 2016 11:26:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
LPDB beri perlakuan khusus bagi difabel.

Beritasumut.com-Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengalokasikan ribuan beasiswa setiap tahunnya bagi lulusan D4, S1, dan S2 untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi.

Kepala Divisi Anggaran dan Akuntansi LPDP Lukmanul Hakim, menjelaskan, LPDP juga memberikan perhatian bagi pendaftar dengan kebutuhan khusus. “Ada fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas atau difabel,” ungkapnya, di sela perjalanan program Persiapan Keberangkatan (PK) LPDP Angkatan 68, Gardapati Parahita, di Wisma Hijau, Depok, Selasa (24/05/2016).

Fasilitas khusus ini diberikan oleh LPDP untuk memudahkan akses pendidikan bagi para penyandang disabilitas. Lukman menjelaskan bahwa sudah ada beberapa penerima beasiswa LPDP dengan difabel yang melanjutkan studinya di luar negeri. “Bentuk fasilitas khusus seperti tunjangan keluarga, untuk difabel diperbolehkan membawa keluarga seperti ayah atau ibu,” tambah Lukman.

“Namun pemberian fasilitas khusus ini tidak serta merta diberikan, kami harus melihat kondisi pelamar terlebih dahulu untuk memutuskan fasilitas khusus apa saja yang akan diberikan,” jelasnya.

Tahun 2015 lalu, ada satu difabel yang akan diberangkatkan ke Australia pada tahun ini. Yang bersangkutan, jelas dia, mengambil program studi linguistik di University of Sydney, Australia, jenjang S3.

Satu tema dengan PK LPDP Angkatan 48 yaitu Indonesia Inklusi, pemberian fasilitas khusus ini menandakan bahwa pemerintah sangat peduli kepada warga negara dengan disabilitas. Peserta PK LPDP Angkatan 68 akan menutup rangkaian programnya dengan Festival Indonesia Inklusi yang banyak melibatkan orang dengan disabilitas.

Rencananya, acara puncak PK ini akan diselenggarakan Sabtu (28/05/2016), di Wisma Hijau, Depok. Mereka mengajak seluruh elemen masyarakat untuk hadir dan mendapatkan fasilitas layanan kesehatan gratis dari panitia.

Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus juga dapat melakukan konsultasi psikologi gratis. Selain itu, bagi mahasiswa yang ingin mengetahui tips melewati proses seleksi beasiswa LPDP, panitia menyediakan waktu berbagi pengalaman dengan para penerima beasiswa.(rel)

T#g:LPDPBeasiswaDifabel
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Lakukan Kerjasama dengan Sampoerna Foundation, Ini Harapan Bupati Asahan kepada Para Siswa/Siswi

    Beritasumut.com-Bupati Asahan H Surya BSc, Tim Sampoerna Foundation diwakili Gina Gustam dan Syahril, Kadis Pendidikan, Kadis Kominfo, Kepala Caban

  • 4 minggu lalu

    Bupati Asahan Tandatangani MoU dengan Putera Sampoerna Foundation Terkait Program Beasiswa Pendidikan

    Beritasumut.com-Di masa kepemimpinan H Surya BSc selaku Bupati Asahan, Pemkab Asahan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan demi mewujudka

  • 2 bulan lalu

    Kaum Difabel Sibolga-Tapteng Rayakan Natal

    Beritasumut.com-Kaum Difabel Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), merayakan Natal yang diselenggarakan oleh RBM Hephata Sibolg

  • 4 bulan lalu

    Kapolda Sumut Gelar Baksos, Berikan Tali Asih untuk Ratusan Difabel

    Beritasumut.com–Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto menggelar kegiatan bakti sosial dengan pemberian tali asih kepada ratusan ka

  • 4 bulan lalu

    Motivasi 774 Mahasiswa Belajar di PTN, Bupati Labuhanbatu Serahkan Bantuan Dana Pendidikan

    Beritasumut.com-Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT yang baru dilantik oleh Gubsu Edy Rahmayadi dengan program di bidang pendidikan

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.