Peristiwa

Batik Medan Semarakkan Peragaan Busana Pekan Inovasi dan Investasi Sumut


Batik Medan Semarakkan Peragaan Busana Pekan Inovasi dan Investasi Sumut
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Busana bermotif Batik Medan yang ditampilkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan, menyemarakkan panggung Peragaan Busana Pekan Inovasi dan Investasi Sumut ke-7 Tahun 2019, di Lapangan Merdeka Medan, akhir pekan ini.
 
Karya Ketua Dekranasda Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH ini mengundang banyak decak kagum. Dilansir dari Pemkomedan.go.id, Sabtu (27/07/2019), usai peragaan busana itu, dirinya bahkan mendapat bouquet bunga dari Ketua Bhayangkari Poldasu Evi Agus Andrianto, dan Wakil Ketua Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.
 
Motif Batik Medan pada busana-busana yang diperagakan dalam acara yang juga dihadiri oleh segenap Ketua Dekranasda se-Sumut itu menampilkan berbagai motif. Diantaranya kombinasi motif Becak Medan, Tepak Melayu, Payung Melayu, Piring, Daun-daunan, Bunga Padi, Bunga Melati, Pucuk Rebung, Bunga Tembakau Deli.
 
Masing-masing motif ini memiliki makna tersendiri. Tepak Melayu mencerminkan sikap sopan santun, berbudi bahasa, serta penuh dengan adat budaya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Payung Melayu cerminan pengayoman bagi rakyat, Pucuk Rebung cerminan penghormatan kepada orang yang lebih tua dan panutan di masyarakat.
 
Selain Dekranasda Medan, turut tampil Dekranasda dari kabupaten/kota lain, juga peragaan busana dari Dharma Wanita Sumut, Jala Senastri TNI AL, dan Bhayangkari Poldasu. Acara ini begitu menyedot perhatian, karena selain menjadi ajang promosi sekaligus memperkenalkan motif maupun busana khas berbagai daerah di Sumut. (BS09)

Tag:Batik MedanDekranasda MedanInvestasi SumutPekanInovasi SumutPemprovsuPeragaan Busana