Minggu, 26 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Banyak Masalah di Lapas dan Rutan, Poldasu dan Kemenkum HAM RI Kuatkan Sinergitas Nota Kesepahaman

Banyak Masalah di Lapas dan Rutan, Poldasu dan Kemenkum HAM RI Kuatkan Sinergitas Nota Kesepahaman

Jumat, 03 Maret 2017 22:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Polda Sumut (Poldasu) bersama Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkum-HAM) RI menguatkan sinergitas menindaklanjuti Nota Kesepahaman No: PAS-25.HM.05.02 tahun 2015 dan No: B/15/IV/2015 tanggal 7 April 2015 tentang Kerjasama Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan dalam pedoman kerja di Mapolda Sumut, Jumat (03/03/2017).
 
Nota ini menyangkut beragam persoalan penegakan hukum maupun upaya pembinaan Lapas dan Rutan di Sumatera Utara (Sumut). Hadir dalam pertemuan ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumut, Drs Ibnu Chuldun bersama Kapolda Sumut, Irjen Pol Rykco Amelza Dahniel dan para pejabat utama Poldasu serta Kapolres/Kapolrestabes sejajaran. Pertemuan itu juga turut dihadiri para Pejabat di lingkungan Kemenkumham Provsu maupun para Kepala Lembaga Pemasyarakatan dan Kepala Rumah Tahanan se-Sumut.‬
 
Kedua instansi sepakat perlu adanya penambahan pemuatan ketentuan khusus teknik pelaksanaan dalam pedoman kerja menyangkut pengurusan tahanan dalam Rumah Tanahan Negara maupun Lembaga Pemasyarakatakan saat ini. Beberapa contoh ketentuan dimaksud di antaranya seperti pelaksanaan pemeriksaan bagi tahanan penyidik Polri serta pelaksanaan pemeriksaan rekonstruksi terhadap tahanan.
 
Kemudian tentang razia insidentil terhadap tahanan maupun penangkapan akibat pengembangan kasus narkoba oleh penyidik Polri yang selama ini belum berjalan secara sinkron antara kedua instansi dalam upaya penegakkan hukum sehingga memunculkan penafsiran yang berbeda terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
 
‪Kapolda Sumut, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengungkapkan, pertemuan memperkuat sinergitas Nota Kesepahaman itu juga salah satu upaya membangun silaturahmi dan komunikasi kedua Instansi melanjutkan diskusi dengan Kakanwil Sumut dalam melaksanakan pedoman tugas.
 
"Pertemuan ini merupakan kelanjutan diskusi dengan Kakanwil yang menghasilkan kesimpulan bahwa ada masalah dalam proses penanganan di lapas dan di rutan. Contoh kecil saja yaitu over kapasitas dan of number, solusinya hanya satu yaitu membangun kerjasama dan komunikasi yang lebih intensif," sebut Rycko.
 
Kesimpulan masalah lain yang diinventarisir dari hasil diskusi mengenai penanganan lapas dan rutan di Sumut di antaranya adalah perlunya meningkatkan komunikasi antara Kapolres dengan Ka Lapas maupun Ka rutan di Sumut. Memperkuat pengamanan dari jumlah petugas yang melakukan pembinaan di rutan maupun lapas yang kini masih minim juga dirasa sangat penting.
 
Permasalahan terakhir disebutkan Rycko, perlunya membangun pola-pola pemolisian yang tepat dan lebih efektif dalam penanganan warga binaan napi dan tahanan bukan hanya menyangkut pengamanan namun juga pembinaan secara lebih efektik untuk meningkatkan kualitas dalam merubah perilaku warga binaan.
 
‪"Dari permasalahan-permasalahan itu kita perlu landasan hukum yang situasinya harus disesuaikan dengan konteks wilayah Sumut. Karena itu hari ini kita jabarkan beragam kerjasama yang intinya hanya satu, jangan sampai terjadi kerusuhan dan melarikan diri," ujarnya. 
 
Kapolda Sumut juga mengharapkan penandatanganan naskah Nota Kesepahaman itu bisa segera diimplementasikan untuk melaksanakan upaya-upaya pemolisian mulai dari preemtif dan proaktif, preventif baik stationer atau mobil dan penegakkan hukum menyangkut warga binaan lapas dan Rutan. "Untuk itu diintruksikan kepada seluruh Kapolres jajaran Polda Sumut segera menyusun dan menjabarkan sesuai karakteristik wilayah masing-masing," pungkasnya. (BS04)
 
T#g:Kemenkumham RILapasNota KesepahamanPoldasuRutan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Kapolda Sumut: Satpam Turut Berperan Ciptakan Suasana Aman di Sumut

    Beritasumut.com-Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin Siregar SIK MSi menegaskan, Satuan Pengaman ( Satpam) ikut berperan dalam menciptakan suasa

  • 2 minggu lalu

    Personil Brimob Poldasu Meninggal Dunia, Kapolda Sumut Martuani Sormin Datang Melayat

    Beritasumut.com–Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi, Pju Polda Sumut, bersama personil Brimob Polda Sumut datang melaya

  • 2 minggu lalu

    Gowes Bareng Kapolda Sumut dari Medan ke SPN Hinai Langkat

    Beritasumut.com–Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin gowes bareng dari kediamannya menuju SPN Hinai, Langkat. Olahraga bersepeda

  • 2 minggu lalu

    Upacara Sertijab Kabid Dokkes Poldasu Dipimpin Kapolda Sumut

    Beritasumut.com–Upacara Sertijab Kabid Dokkes Polda Sumut digelar di Aula Tribrata Lt I Mapolda Sumut, Kamis (09/01/2020). Dalam upacara yang

  • 2 minggu lalu

    Kapolda Sumut Ungkap Kasus Narkotika Bersama Polsek Hamparan Perak, Polres Belawan

    Beritasumut.com–Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi, memimpin pengungkapan kasus narkotika tangkapan Polres Pelabuhan Belawan, be

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.