Peristiwa

Banjir, Penyembelihan Kurban Ditunda di Medan

Banjir, Penyembelihan Kurban Ditunda di Medan
Google
Ilustrasi
Medan, (beritasumut.com) Banjir melanda sejumlah kawasan di Kota Medan, Selasa (15/10/2013). Karena terjadi tepat pada Hari Raya Idul Adha 1434 H, penyembelihan hewan kurban pun terpaksa ditunda.

Dua kawasan yang digenangi air yaitu di pinggiran sungai seperti daerah Jalan Dipanegara, Padang Bulan, kawasan Kampung Aur, dan Gang Pasir Jalan S Parman, Medan. Banjir terjadi setelah air sungai di sekitar lokasi itu meninggi menyusul hujan pada pukul 03.00 dini hari.  

"Hujan tidak begitu deras, tapi sepertinya ada air kiriman dari gunung ke Sungai Babura," kata Neli, warga Jalan Dipanegara, Medan.

Ratusan rumah terendam, bahkan ketinggian air di beberapa titik hingga dada orang dewasa. Puluhan warga mengungsi ke tempat lebih tinggi.

Mereka juga menyelamatkan barang berharganya dari genangan air. Namun, tetap ada warga yang bertahan di rumah untuk mengantisipasi aksi pencurian.

Banjir juga menyebabkan perayaan Idul Adha terganggu. Seperti terjadi di Gang Pasir Jalan S Parman Medan, warga terpaksa shalat di lokasi lain, karena masjid di wilayah itu juga digenangi air.

Bahkan, panitia kurban di kawasan itu terpaksa menunda penyembelihan hewan kurban. Mereka memindahkan dua ekor lembu dan tiga ekor sapi ke tempat lebih tinggi. "Kita tunda dulu. Mudah-mudahan besok kita laksanakan," kata Soleh, seorang warga. (BS-001)