Selasa, 18 Februari 2020

Banda Aceh Diguncang Gempabumi

Sabtu, 18 Januari 2020 11:40:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Wilayah Banda Aceh diguncang gempabumi tektonik, Sabtu (18/01/2020) sekitar pukul 08.55.29 WIB. Berdasarkan hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 4,5.
 
"Episenter gempa terletak pada koordinat 4,48 LU dan 95,53 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 18 km barat daya Calang, Aceh Jaya pada kedalaman 62 km," ungkap Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan.
 
Edison menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.
 
Adapun dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lamno pada skala III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah/terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu) dan Banda Aceh, Aceh Jaya pada skala II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," jelasnya.
 
Oleh karena itu Edison menyampaikan, kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.(BS04)
T#g:BMKGBanda Aceh gempagempabumigempa
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    BNPB Catat Lebih dari 400 Bencana Terjadi Hingga Minggu Ketiga Februari 2020

    Beritasumut.com-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat lebih dari 400 bencana terjadi hingga minggu ketiga Februari 2020, atau per 1

  • 2 minggu lalu

    Beri Dukungan Legalitas Formal, TNI dan BMKG Jalin Kerja Sama

    Beritasumut.com-Dalam rangka mendukung tugas-tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), TNI da

  • 4 minggu lalu

    BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat pada 24-29 Januari 2020

    Beritasumut.com-Sirkulasi siklonik di sekitar Samudra Hindia Selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 202

  • 4 minggu lalu

    BMKG Wilayah I Medan Bahas Pemetaan Daerah Rentan Gempa dengan Pemko Medan

    Beritasumut.com-BMKG Wilayah I Medan melakukan audensi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi guna membahas pemetaa

  • 4 minggu lalu

    Simeulue Diguncang Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

    Beritasumut.com- Wilayah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh kembali diguncang oleh gempabumi tektonik, Rabu (22/01/2020) sekitar pukul 10.58.45 WIB.

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.