Peristiwa

Balai Benih Ikan Air Tawar di Desa Lengau Seprang Resmi Beroperasi

Balai Benih Ikan Air Tawar di Desa Lengau Seprang Resmi Beroperasi
BERITASUMUT.COM/BS05
Beritasumut.com-Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan meresmikan Pengoperasian Balai Benih Ikan Air Tawar yang di tandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Deli Serdang. Acara tersebut bertempat di Desa Lengau Seprang, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (28/11/2019).
 
Setibanya di lokasi lahan Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT), Bupati Deli Serdang didampingi Anggota DPRD Deli Serdang Hj Sa’adah Lubis, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hj Aida Harahap MARS, Kadis P2KB dan P3A Kabupaten Deli Serdang Dra Hj Rabiatul Adawiyah Lubis MPd, Kadis Perikanan dan Kelautan TM Zaki Aufa, mewakili Kepala Pusat Limnologi-LIPI Tri Widianto, langsung meninjau cara pembudidayaan ikan fatin dan pembibitan ikan fatin.
 
Bupati H Ashari Tambunan di sela-sela peninjauan di BBIAT mengatakan, peresmian ini merupakan Insya Allah pertanda semakin membaiknya kemampuan kita untuk memanfaatkan potensi perikanan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dia berharap, Balai Benih Ikan Air Tawar ini nantinya tidak sekedar menjadi pembibitan dan juga menjadi tempat pelatihan Benih benih ikan untuk dibagikan kepada para pembudidaya.
 
"Para pembudidaya bisa melakukan kapasitas dirinya dan ini juga bisa menjadi tempat bagi kunjungan anak-anak sekolah, untuk lebih memahami betapa sesungguhnya potensi perikanan merupakan salah satu bidang yang bisa kita andalkan untuk kesejahteraan kita ke depannya," ujar Bupati.
 
Deli Serdang ini harus disyukuri, karena sumber daya alamnya luar biasa kesuburannya. "Salah satu potensi yang kadang-kadang kita lupa adalah bahwa Anugerah Tuhan paling besar kepada kita. Kita di Anugerahi wilayah yang secara geografis sangat berpotensi untuk peningkatan kesejahteraan kita," ungkapnya. Dia juga berharap, melalui keberadaan Balai Benih Ikan Air Tawar ini, potensi perikanan Deli Serdang semakin dikembangkan.
 
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan TM Zaki Aufa menyampaikan, pihaknya bekerjasama dengan kelompok-kelompok pembudidaya ikan yang selama ini telah dibentuk dan telah dibina. "Insya Allah kelompok ini secara terus-menerus akan bertambah, karena Balai Benih ikan air tawar kita nanti sudah bisa beroperasi," ucap Zaki.
 
Sementara itu Tri Widianto yang mewakili Kepala Pusat Limnologi-LIPI mengatakan, apa yang telah dilakukan Zaki dan teman-teman di Deli Serdang ini benar-benar perlu diapresiasi. "Ke depannya saya yakin Deli Serdang akan maju," tuturnya.
 
Di akhir acara peresmian tersebut, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat para pembudidaya ikan secara simbolis, dilanjutkan dengan peninjauan Balai Benih Ikan Air Tawar. (BS05)