Peristiwa

Bakamla RI dan Unpad Teken Kerja Sama Kajian Hukum Internasional Kamlamla


Bakamla RI dan Unpad Teken Kerja Sama Kajian Hukum Internasional Kamlamla
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH-Unpad) bersepakat melakukan Kerja Sama tentang Penyusunan Kajian Hukum Internasional di Bidang Keamanan dan Keselamatan Laut. Penandatanganan dilakukan di FH – Unpad Jatinangor, Jalan Raya Bandung-Sumedang KM 21 Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (04/10/2019).
 
Dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini Bakamla RI diwakili oleh Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama Laksamana Muda Bakamla Dade Ruskandar SH MH, sedangkan FH – Unpad diwakili oleh Prof Dr An An Chandrawulan SH LLM, selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran.
 
Menurut Laksda Dade, melalui kerja sama ini Bakamla RI bersama lembaga pendidikan, dalam hal ini Unpad, dapat membina hubungan kelembagaan yang erat dalam melaksanakan fungsi pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat yang mana dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan hukum di Indonesia.
 
Sebagaimana diketahui, penegakan keamanan di laut juga semakin kompleks seiring meningkatnya kualitas kejahatan yang dikenal dengan sebutan kejahatan lintas negara atau Trans-National Crime, yang memberikan isyarat kuat bahwa masalah keamanan dan keselamatan laut memerlukan manajemen pengelolaan yang sinergis dan membutuhkan kerja sama lintas sektoral dan antar negara.
 
Adapun kerja sama ini meliputi tenaga pendukung substansi, tenaga ahli/narasumber, dan pelaksanaan pembuatan konsep kajian dimana kedua belah pihak saling memberi dan menerima data dukung dan informasi Keamanan dan Keselamatan Laut untuk penyusunan Kajian Hukum Internasional dimaksud.(rel)

Tag:Bakamla RI