Senin, 17 Februari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Bakamla RI dan KOICA Bahas Pembangunan Akademi Bakamla

Bakamla RI dan KOICA Bahas Pembangunan Akademi Bakamla

Minggu, 25 Agustus 2019 07:00:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A Taufiq R menerima kunjungan kerja Korea International Cooperation Agency (KOICA), di Mabes Bakamla RI/IDNCG, Jalan Proklamasi No.56 Jakarta Pusat, akhir pekan ini.
 
Hubungan bilateral Republik Korea/Korea Selatan dengan Republik Indonesia (RI) telah berjalan selama 46 tahun sejak September 1973. Saat ini status hubungan bilateral RI-Korea Selatan ialah Special Strategic Partnership. Adapun hubungan kerja sama antara Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) dan Korea Coast Guard (KCG) telah diperkuat melalui penandatanganan kerjasama kedua institusi oleh Menteri Luar Negeri RI dan Komisioner Jenderal KCG pada 10 September 2018. 
 
Beberapa waktu lalu, Kepala Bakamla RI melaksanakan Kunjungan kerja ke Korea, yakni ke Incheon, Mokpo, dan Yeosu pada tanggal 19-21 Agustus 2019, yang menghasilkan satu komitmen dari KCG untuk menyusun proposal bantuan kerja sama Overseas Developmment Assintance (ODA) pembangunan Akademi Bakamla RI, yang merupakan tindak lanjut dari MoU kerja Sama keamanan laut Bakamla RI dan KCG.
 
Berkaitan dengan hal itu, Badan Pemerintah Korsel KOICA yang bertugas untuk memaksimalkan efektivitas bantuan baik berupa hibah maupun kerjasama teknis, berkunjung ke Mabes Bakamla pada Jumat (23/08/2019) kemarin, guna melaksanakan rapat internal dan inter-kementerian untuk membahas, menyusun dan menindaklanjuti proses pengajuan proposal ODA Bakamla RI-KCG. Pertemuan ini melibatkan unit kerja terkait Bakamla RI, Bappenas, Kementerian Luar Negeri RI dan Korea Selatan.
 
Dalam pembahasan program kerjasama teknis tersebut, KOICA mengirimkan Country Director KOICA Hoe Jin Jeong, didampingi oleh Sekretaris 1 Kedutaan Besar Korea Selatan Eujin Chon, Project Manager KOICA Dea Paramita, dan Project Manager KOICA Dian Mardiana. Turut hadir mendampingi Kepala Bakamla RI, antara lain Deputi Operasi Laut dan Latihan Laksda Bakamla TSNB Hutabarat MMS, Kepala Biro Sarpras Laksma bakamla Amrein SE, Kepala Biro Umum Laksma Bakamla Amin Budi Cahyono SE, Kepala Biro Perencanaan Laksma Bakamla Eko Jokiwiyono SE MSi, Direktur Latihan Laksma Bakamla Yehezkiel Katiandagho SE MM, dan Kasubdit Kerjasama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama SSos MSc. (Rel)
T#g:Akademi BakamlaBakamla RIKOICAKorea selatan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Bakamla RI Segera Miliki Pangkalan Baru di Gorontalo Utara

    Beritasumut.com-Bakamla RI  segera menindaklanjuti pemberian lahan dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, yang direncanakan sebagai pangka

  • 2 minggu lalu

    Bakamla RI Gelar Patroli Koordinasi Turunkan Armed Robbery di Laut

    Beritasumut.com-ReCAAP mencatat tindak kejahatan bersenjata (armed robbery) tahun 2018 di Indonesia terjadi 27 insiden (21 aktual dan 6 attempted)

  • 2 minggu lalu

    Ujian CPNS Bakamla RI, Ratusan Peserta Ikuti Tes SKD Tahun 2020

    Beritasumut.com-Ratusan peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bakamla RI yang dinyatakan lolos administrasi, melaksanakan tes seleksi kompetens

  • 2 minggu lalu

    Bakamla RI Bahas Keamanan Maritim dengan US Coast Guard

    Beritasumut.com-Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksamana Muda Bakamla TSNB Hutabarat MMS, membahas respon pemerintah terhadap keamanan marit

  • 2 minggu lalu

    Cost Guard Amerika Siap Dukung Bakamla RI Tingkatkan Kapasitas

    Beritasumut.com-Komandan Amerika Coast Guard Wilayah Pasifik (US Coast Guard Pasific Area Commander) Vice Admiral Linda Fagan berkunjung di Markas

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.