Minggu, 22 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Bakamla RI Tanda Tangan Nota Kesepahaman Kerja Sama dengan BMKG

Bakamla RI Tanda Tangan Nota Kesepahaman Kerja Sama dengan BMKG

Kamis, 25 April 2019 15:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com—Bersinergi meningkatkan keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia, Bakamla menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di sela-sela rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional BMKG 2019, di Jakarta Utara, Rabu (24/04/2019).
 
Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla Laksda Bakamla Drs Frederik Kalalembang, didampingi Kasi Kerjasama Lembaga Pemerintah Bakamla RI Mayor Bakamla Akhmad Firdaus SIP MSi, membubuhkan paraf di dalam naskah Nota Kesepahaman Kerja Sama dengan BMKG. Nota Keselahaman ini nantinya akan ditandatangani oleh Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A Taufiq R.
 
Hal ini menunjukkan komitmen Bakamla dan BMKG dalam mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia. Usaha yang dilakukan ditujukan untuk menindak berbagai pelanggaran hukum dan ancaman yang dapat mengganggu aktivitas, pemanfaatan, dan penggunaan laut.
 
Atas dasar Undang-Undang No.31 Pasal 3B Tahun 2009 tentang Tujuan Penyelenggaraan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk melindungi kepentingan dan potensi nasional dalam rangka peningkatan keamanan dan ketahanan nasional. Peraturan Pemerintah No.46 Pasal 3 Ayat 3 Tahun 2012 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Pengamatan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Pasal 45 Ayat 2D Tahun 2016 tentang Kewajiban Penggunaan Informasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dalam Sektor Ketahanan dan Keamanan, sangatlah sejalan dengan kewenangan Bakamla dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Sebagaimana tertera dalam Undang-Undang No.32 Pasal 63 Ayat 3C Tahun 2014 tentang Integrasi Sistem Informasi Keamanan dan Keselamatan di Wilayah Perairan dan Yurisdiksi Infonesia.
 
Selain Bakamla, terdapat sepuluh instansi yang juga menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama, antara lain Badan Sandi Negara, Badan Pusat Statistik, Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, MNC TV dan RRI. Tidak hanya itu, institusi pendidikan turut serta menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama, seperti Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Sorong, dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen, Informatika dan Komputer Jayapura. (Rel)
T#g:BMKGBPSBakamla RI
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Bakamla Amankan Kapal Minyak SPOB di Sungai Musi Palembang

    Beritasumut.com-Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mengamankan kapal Self Propeller Oil Barge (SPOB) yang diduga bermuatan solar (HSD) hasil oplosan

  • 3 hari lalu

    Keberhasilan Bakamla Berawal dari Dukungan Keluarga

    Beritasumut.com-Keberhasilan Bakamla berawal dari adanya dukungan keluarga dan keberhasilan seorang suami ada doa yang kuat dari istri.  

  • 7 hari lalu

    Gelombang Tinggi Terjadi di Perairan Nias dan Aceh, BMKG Minta Warga Waspada

    Beritasumut.com-Gelombang tinggi diperkirakan akan berpeluang terjadi di kawasan perairan Nias Sumatera Utara (Sumut) dan juga perairan Aceh. Tingg

  • 2 minggu lalu

    Bakamla RI Gelar Latihan Teknik Fotografi Pemotretan dari Udara

    Beritasumut.com-Guna mempertajam kemampuan interpretasi atas foto udara yang akan diolah sebagai data intelijen, sejumlah awak pesawat dan personel

  • 2 minggu lalu

    Bakamla RI Rencanakan Bangun Pusdiklat

    Beritasumut.com-Bakamla RI menggelar Rapat Koordinasi diikuti puluhan personel Bakamla yang berkompeten dalam bidang pembinaan personel. Adapun tuj

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.