Peristiwa

Badan Khusus Anti Narkoba Amerika Latih 50 Personil Polda Sumut


Badan Khusus Anti Narkoba Amerika Latih 50 Personil Polda Sumut
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Badan khusus Anti Narkoba atau Drug Enforcement Administration (DEA) dan Bureau of International Narcotics and Law Enforcement Affairs (INL) negara Amerika Serikat, mengadakan pelatihan Intelligence Collection & Analysis Course kepada 50 orang anggota Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Poldasu).
 
Pelatihan ini diikuti para Kasubdit, Kanit, Panit dan Bintara dari Ditresnarkoba, para Kasat Reserse Narkoba selama 3 hari berturut-turut di Hotel Aryaduta Jalan Balaikota Medan, sejak (22–25/01/2018). Kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut Kombes Pol Hendri Marpaung. 
 
“Bertindak sebagai Pengajar dalam pelatihan ini adalah DEA inteligence research specialist Cheron McKay dan DEA Special Agent Marie Harmon, keduanya didatangkan dari Washington DC - Amerika Serikat,” jelas Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Dra Rina Sari Ginting, dilansir dari Tribratanews.sumut.polri.go.id, Jumat (26/01/2018).
 
Kabid Humas menjelaskan, pelatihan dibuka oleh Irwasda Polda Sumut Kombes Lilik Arga Tjahjana dan dihadiri oleh Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut Kombes Hendrik Marpaung, Konsul Amerika Serikat di Medan Juha Salin, Direktur INL Gregory Wiegan, Wadir Narkoba Polda Sumut AKBP Robert Da Costa dan Kapolres Padangsidimpuan  AKBP Hilman Wijaya selaku DEA Contact Person di Sumut.
 
Kapolda Sumatra Utara Irjen Paulus Waterpauw memberikan sambutannya yang dibacakan oleh  Irwasda yang menekankan pentingnya kerjasama antar Penegak hukum guna memberantas peredaran narkoba Internasional.
 
Pelajaran yang didapat dari pelatihan tersebut, instruktur-instruktur DEA berbagi pengetahuan tentang teori, praktik dan teknik pengumpulan dan analisis informasi intelijen dengan berbagai metode, seperti interogasi, penyamaran dan analisa hubungan dan grafis.
 
"Dalam berbagai sesi, para peserta dengan antusias berbagi cerita dan pengalaman mereka di lapangan kepada para instruktur untuk memberikan ilustrasi bagaimana teknik-teknik yang diajarkan dapat diaplikasikan dalam konteks Indonesia. Pada hari terakhir, pelatihan ditutup dengan Closing speech oleh Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya serta memberikan Cenderamata dari Polda Sumut kemudian dilanjutkan penyerahan sertifikat dan foto bersama," pungkasnya. (BS02)

Tag:Amerika SerikatBadan NarkobaINL USAKapoldasuPaulus WaterpauwPolda Sumut