Peristiwa

Babinsa Sidamanik Imbau Warga Tanam Padi Sistem Jarwo

Babinsa Sidamanik Imbau Warga Tanam Padi Sistem Jarwo
Beritasumut.com/BS02-rel
Babinsa Sidamanik Imbau Warga Tanam Padi dengan Sistem Jarwo

Beritasumut.com-Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 17/Sidamanik, Kodim 0207/Simalungun dan PPL Kecamatan Sidamanik, lakukan sosialisasi tanam padi sistem jarwo 4-1, pertengahan pekan ini.

Sosialisi Babinsa yang dipimpin oleh Serka Abrizal ini, ditujukan kepada kepada warga Nagori Manik Dataran, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Dalam paparannya, Serka Abrizal mengatakan bahwa pola tanam jajar legowo dalam sistem tanam padi bermanfaat untuk petani demi meningkatkan hasil panen.

"Kata 'legowo' ini berasal bahasa Jawa yaitu 'lego' yang artinya luas dan 'dowo' yang artinya memanjang. Maka, sistem jajar legowo yang akan kita terapkan ini adalah cara menanam padi dengan dibariskan memanjang dan diselingi satu barisan kosong," terang Serka Abrizal.

Menurutnya, baris tanaman dan baris kosongnya padi di satu areal persawahan itu disebut satu unit legowo. "Bila terdapat dua baris tanam per unit legowo, maka disebut legowo 2:1. Sementara jika empat baris tanam per unit legowo disebut legowo 4:1 dan seterusnya," ujar Serka Abrizal kepada kelompok tani Nagori Manik Dataran, yang turut hadir di acara tersebut. (BS02)