Peristiwa

BNN Gagalkan Penyelundupan 29 Kg Sabu dari Aceh ke Medan


BNN Gagalkan Penyelundupan 29 Kg Sabu dari Aceh ke Medan
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Sebanyak 29 Kg narkotika jenis sabu yang hendak diselundupkan ke Medan berhasil digagalkan Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) dari sebuah rumah makan di Jalan Banda Aceh, Km 5, Langsa Baru, Kota Langsa Aceh Timur. Sabu ini sebelumnya diselundupkan dari Penang, Malaysia ke Aceh Tamiang.
 
"Rencananya sabu ini akan dibawa melalui jalur darat ke Medan, Sumatera Utara," ujar Deputi Bidang Pemberantasan BNN RI Irjen Pol Arman Depari kepada wartawan, Rabu (31/07/2019) malam.
 
Lebih lanjut Arman menjelaskan, dari penggerebekan di rumah makan tersebut pada Selasa (30/07/2019) sekitar pukul 14.10 WIB, pihaknya mengamankan satu orang, atas nama Nazarudin alias Nazar warga Panton Labu, Kabupaten Aceh Utara yang merupakan kurir."Dari tersangka diperoleh barang bukti 29 bungkus sabu yang disimpan dalam kemasan teh betulisan aksara cina berwarna kuning," jelasnya.
 
Modus operandi yang digunakan pelaku, lanjut Arman, yaitu dengan cara narkoba itu terlebih dahulu dijemput dan dibawa langsung dengan kapal melalui jalur laut dari Pulau Pinang atau Penang, Malaysia menuju perairan Aceh Tamiang.Selanjutnya, sesampainya di darat, barang haram itu kemudian diangkut menggunakan mobil dengan tujuan Aceh Utara, untuk disimpan digudang, sebelum akhirnya direncanakan untuk di kirim ke Kota Medan.
 
"Setelah diperiksa, ternyata sindikat ini ada kaitannya dengan para pelaku penyelundupan narkoba di Kisaran Sumatera Utara (sebanyak 81,8 Kg sabu dan 102,657 butir pil ekstasi) beberapa waktu lalu," ungkap Arman. 
 
Selain sabu, barang bukti lain yang diamankan di antaranya satu unit mobil Honda Jazz RS warna Biru metalik BK 1687 RJ serta alat komunikasi HP. Saat ini BNN masih berupaya melakukan pengembangan untuk mengejar dan menangkap pelaku lainnya yang terlibat dalam sindikat ini."Saat ini tim masih melakukan pengembangan terhadap para tersangka yang lain di daerah Panton Labu, Aceh Utara," tutup Arman.(BS04)
 

Tag:AcehBNNNarkotikasabuganjaNarkoba