Jumat, 06 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • BMKG Imbau Masyarakat Tidak Beraktivitas di Radius 500 Meter di Tepi Pantai Selat Sunda

BMKG Imbau Masyarakat Tidak Beraktivitas di Radius 500 Meter di Tepi Pantai Selat Sunda

Senin, 07 Januari 2019 12:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Berdasarkan informasi Badan Geologi terkait perkembangan erupsi Gunung Anak Krakatau, serta dengan mempertimbangkan kondisi lereng/tebing dasar laut ataupun kondisi potensi kegempaan di Selat Sunda, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat bahwa waspada tsunami masih diterapkan.
 
“Zona waspada tsunami masih diterapkan dalam radius 500 m dari tepi pantai yang berada pada elevasi rendah (elevasi kurang dari 5 m di atas permukaan laut),” kata Deputi Bidang Geofisika BMKG, Dr Ir Muhamad Sadly, M. Eng, dalam siaran persnya, Sabtu (05/01/2019).
 
BMKG meminta masyarakat tetap tenang dan waspada, dalam beraktivitas di pantai/pesisir Selat Sunda, dalam radius 500 m dari tepi pantai yang berada pada elevasi rendah.
 
Selain itu, masyarakat diminta terus memonitor perkembangan informasi terkait kewaspadaan bahaya tsunami, melalui website, aplikasi mobile dan media sosial InfoBMKG, serta memonitor perkembangan aktivitas Gunung Anak Krakatau melalui aplikasi *MAGMA INDONESIA* Badan Geologi-ESDM, agar tidak terpancing dengan informasi / isu yang menyesatkan.
 
“BMKG beserta Badan Geologi dengan dukungan TNI dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman masih tetap terus memantau, dan akan terus menyampaikan informasi perkembangannya,” tegas Muhammad Sadly.
 
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, aktivitas Gunung Anak Krakatau telah memicu terjadinya bencana tsunami di Selat Sunda, yang menyebabkan ratus orang meninggal di Pandeglang (Banteng) dan Lampung Selatan (Lampung). Selain itu, ribuan warga saat ini masih tinggal di tempat-tempat penampungan pengungsi.(rel)
T#g:BMKGPeringatanSelat SundaTsunami
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat Dalam Sepekan ke Depan

    Beritasumut.com-Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai curah hujan dengan intensitas lebat yan

  • 4 minggu lalu

    BBMKG Medan Teken MoU dengan Kampus Polmed

    Beritasumut.com-Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, bersama Politeknik Negeri Medan (Polmed) melakukan penan

  • 2 bulan lalu

    Hingga Minggu Depan, Suhu Panas Masih Melanda Sebagian Besar Wilayah Indonesia

    Beritasumut.com-Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan suhu panas yang melanda sejumlah daerah akhir-akhir ini masih ber

  • 2 bulan lalu

    Samudera Hindia Pantai Barat di Sumatera Diguncang Gempa

    Beritasumut.com-Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat di Sumatera diguncang oleh gempa bumi tektonik berkekuatan M=5,9 Selasa (15/10/2019) pukul 05.

  • 2 bulan lalu

    BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Sumut

    Beritasumut.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan sedang hingga lebat akan melanda sejumlah wilayah Sumatera Ut

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.