Peristiwa

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Sumut


BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Sumut
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan sedang hingga lebat akan melanda sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut).
 
Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan melalui prakirawan Utami Khairiyah menyampaikan, kondisi ini terutama terjadi di daerah pegunungan, lereng barat, dan pantai barat Sumut.
 
"Waspadai hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir. Karena cuaca ini dapat berpotensi menyebabkan banjir dan longsor di pegunungan dan perkotaan," ungkapnya, kepada wartawan, Minggu (13/10/2019).
 
Untuk hari Senin (14/10/2019), jelasnya,  secara umum hujan akan terjadi pada siang dan juga malam hari. Pada siang hari hujan cenderung terjadi dengan intensitas sedang, yakni di daerah Pandan, Tarutung, Sipirok, Kabanjahe, Kisaran, Sidikalang, Balige, Panyabungan, Salak, Dolok Sanggul, Pangururan, Sibolga, Tanjung Balai, Padang Sidempuan, Kota Pinang, Aek Kanopan, dan juga Sibuhuan. 
 
Sedangkan pada malam hari, hujan akan cenderung terjadi dalam intensitas lebat, yakni di daerah Pandan, Sipirok, Sidikalang, Salak, Dolok Sanggul, Sibolga, Padang Sidempuan, dan juga Sibuhuan.
 
Sedangkan untuk hari Selasa (15/10/2019), pada siang hari hanya akan berlangsung hujan ringan dan hujan lokal secara merata akan berpotensi terjadi di seluruh daerah di Sumut, kecuali Sipirok, Rantau Prapat, Panyabungan, Padang Sidempuan, Kota Pinang, Aek Kanopan, dan Gunung Tua yang cuacanya cerah berawan.
 
Namun pada malam hari, hujan sedang hingga lebat akan terjadi di Pandan (lebat), Sidikalang (sedang), Salak (sedang), Dolok Sanggul (lebat), dan Sibolga (lebat). Sementara pada beberapa daerah lain hanya berpotensi mengalami hujan lokal dan ringan saja.
 
"Namun Potensi banjir dan longsor di daerah pegunungan dan perkotaan juga masih dapat terjadi," pungkasnya.(BS04)

Tag:BMKGBanjircCuaca ekstrimhujan lebatprakiraan cuaca