Peristiwa

BMKG: Malam Pergantian Tahun di Sumut Berpeluang Turun Hujan


BMKG: Malam Pergantian Tahun di Sumut Berpeluang Turun Hujan
Google

Medan, (beritasumut.com) Perayaan malam pergantian tahun yang kerap diramaikan dengan banyak acara pada malam hari ini di wilayah Provinsi Sumatera Utara diperkirakan akan diwarnai dengan turunnya hujan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Jambi) dalam siaran persnya memperkirakan cuaca per 31 Desember 2012 dan Januari 2013, berpeluang terjadi hujan.

Menurut keterangan Staf Pelayanan Data BMKG Wilayah I Rika Karyani di Medan, Senin (31/12/2012), cuaca di sebagian wilayah di Sumut termasuk di Medan, pada hari ini umumnya berawan dan berpeluang hujan, termasuk pada malam pergantian tahun ini.

Kondisi ini disebabkan pola angin dari timur cukup dominan karena adanya gangguan di sekitar Laut Cina Selatan yang menyebabkan belokan tajam melewati Sumbagut dan terdapat pola angin yang bersifat mengumpul di kawasan Pantai Timur.

Dia memaparkan, hujan dengan intensitas sedang berpeluang terjadi sejak siang hingga hingga dini hari  di kawasan Pantai Timur. Sementara di Pantai Barat dan kawasan pegunungan umumnya berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

Berdasarkan prakiraan ini, wilayah di Pantai Timur seperti Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kota Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Labuhan Batu, berpotensi dilanda banjir.

Sebagian kawasan Pantai Barat seperti Kabupaten Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Nias dan Nias Selatan, juga ada  ancaman banjir.

Namun, potensi tinggi longsor ada  di wilayah lereng perbukitan, seperti di Kabupaten Deli Serdang, Simalungun, Toba Samosir, Karo, dan wilayah Pantai Barat.

Sementara, tinggi gelombang di kawasan perairan Barat Sumbagut juga harus diwaspadai. Tinggi gelombang di sekitar Kepulauan Nias dan Sibolga diperkirakan berkisar 2-3 meter. (BS-021)

Tag:BMKG