Peristiwa

Awasi Orang Asing, Tiap Kecamatan di Pematangsiantar Dibentuk Timpora

Awasi Orang Asing, Tiap Kecamatan di Pematangsiantar Dibentuk Timpora
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Sebagai bentuk komitmen dan kesepahaman tentang pentingnya pengawasan orang asing, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Rl Wilayah Sumatera Utara (Sumut) melalui Kantor Imigrasi Kelas II menggelar pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di setiap kecamatan di Pematangsiantar yang diselenggarakan
di Hotel Horison Pematangsiantar, pertengahan pekan kemarin.
 
Wali Kota Pematangsiantar H Hefriansyah melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Utari mengatakan, keberadaan orang asing yang melakukan beragam kegiatan di wilayah Indonesia khusnya di Kota Pematangsiantar perlu mendapat perhatian semua pihak.Kota ini, lanjut sekda, dinilai sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang. Karenanya, sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab.
 
"Misalnya perdagangan manusia, penyelundupan narkotika, serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, dan sosial budaya yang dikhawatirkan dapat mengancam stabilitas negara dan daerah," ujar Budi seperti dilansir dari laman pematangsiantarkota.go.id, Minggu (31/03/2019).
 
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Pematangsiantar, Alrin Tambunan menambahkan, dibentuknya Timpora tingkat kecamatan bertujuan untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing. "Kerjasama antara aparat terkait sangat diharapkan. Apabila ada menemukan orang asing yang berada di wilayah kecamatan agar melaporkan ke Kantor Imigrasi," ungkap Alrin.
 
Tampak hadir Kepala Divisi Keimigrasian diwakili Dedy Firman, Dandim 0207/Simalungun diwakili Danunit Intel Letda Inf S D Siregar, Kapolres Pematangsiantar diwakili Kasat intelkam AKP Cipto Samosir, Kajari Pematangsiantar diwakili Kasi Intel Bas Faomasi, Asisten I Leonardo Simanjuntak mendampingi Sekda dan para camat. (BS09)