Senin, 17 Februari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Audiensi dengan Walikota Medan, APSINDO Sampaikan Bidik Limbah Plastik dari TPA

Audiensi dengan Walikota Medan, APSINDO Sampaikan Bidik Limbah Plastik dari TPA

Rabu, 29 Juni 2016 15:34:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS03
Waikikota Medan Dzulmi Eldin foto bersama dengan Pengurus APSINDO usai audiensi di Kantor Walikota Medan.

Beritasumut.com-Asosiasi Pengguna dan Pengelola Skrap Plastik Indonesia beraudinesi ke Walikota Medan Duzumi Eldin di Kantor Walikota Medan, Rabu (29/06/2016). Hadir dalam kegiatan ini Ketua Badan Pengurus APSINDO Luvina, Ketua Perwakilan Sumut Arman Chandra dan pengurus Mulianto. Sedangkan Dzumi Eldin didampingi Kepala BLH Medan Arief Tri Nugroho dan perwakilan Disperindag Habid Fadilla.

Dalam kesempatan itu Luvina menjelaskan kalau APSINDO didirikan pada 21 Januari 2013 dan beranggotakan 20 perusahaan yang bergerak dibidang usaha industri plastik hasil daur ulang.         
"APSINDO berkedudukan di Jabodetabek dan mempunyai beberapa perwakilan di provinsi Sumut, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Anggota kita tidak banyak pak karena kita mengutamakan kualitas," ujar Luvina.

Dikatakan Luvina salah satu anggota APSINDO di Sumut adalah PT Agropoly Sentosa Mandiri yang bergerak dibidang usaha produksi plastik lembaran dan kantong plastik daur ulang dengan bahan bagu limbah plastik non B3.

Dikatakan Luvina selama ini para pengusaha khususnya yang tergabung dalam APSINDO mengandalkan bahan baku dari impor. Hal ini dikarenakan bahan baku lokal sulit didapat dan kalaupun ada harganya kerab dipermainkan.

"Kendala yang kita hadapi saat ini harga minyak mentah dunia turun sehingga mengakibatkan harga plastik original dunia ikut turun. Sementara harga beli limbah plastik tidak akan turun baik impor maupun yang lokal. Hal ini disebabkan biaya operasional dalam mengumpulkan limbah plastik melibatkan tenaga kerja," ujarnya.

Dengan kondisi tersebut PT Agropoly Sentosa Mandiri berencana menggunakan limbah plastik lokal dengan harga beli yang normal langsung dari Tempat pembuangan AKhir (TPA) Sampah.
 
Sementara itu, Walikota Medan Dzumi Eldin menyambut baik kunjungan APSINDO ke Kota Medan. Selain bersilaturahmi, Eldin berharap APSINDO turut berperan dalam mendorong pembangunan di Kota Medan salah satunya membuka lapangan kerja di Kota Medan. Eldin pun berharap kemudahan investasi di Kota Medan dapat dinikmati oleh seluruh pengusaha termasuk juga pengusaha yang tergabung dalam APSINDO.(BS03)

T#g:APSINDO
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Dalam Waktu 5 Jam, Kemenristekdikti Lakukan Bedah Rumah Tahan Gempa dari Bahan UPVC

    Beritasumut.com-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan Bedah rumah cepat milik Asrof di Desa Jambangan, K

  • tahun lalu

    Lindungi Laut dari Sampah Plastik, Luhut Berbagi Peta Jalan Program Tri Hita Karana di WEF 2019

    Beritasumut.com-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengangkat berbagai isu di sektor lautan dalam rangkaian acara Annu

  • tahun lalu

    Kemenperin: Sampah Plastik Menjadi Persoalan Serius di Indonesia

    Beritasumut.com-Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Ngakan Timur Antara, mengatakan, sa

  • tahun lalu

    Larangan Impor Bahan Baku Plastik Berpotensi Lemahkan Industri Daur Ulang

    Beritasumut.com-Sekjen Poros Maritim Nawacita, Rudi Maulana menyebut langkah yang dilakukan Menteri KLHK dan jajarannya tidak tepat dalam pengelola

  • 2 tahun lalu

    Wakil Walikota Medan Hadiri Open House Tokoh Masyarakat Arman Chandra

    Beritasumut.com-Wakil Walikota Medan Drs Akhyar Nasution menghadiri open house Tahun Baru Imlek tokoh masyarakat Arman Chandra, di Jalan Ladang, Ke

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.