Jumat, 22 November 2019

Aptikom Terpukau Program Kota Cerdas Pemko Binjai

Minggu, 18 November 2018 15:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) Wilayah I Sumatera-Aceh melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota (Pemko) Binjai yang dipimpin oleh Prof Dr Opim Salim Sitompul, beserta rombongan, dan disambut Sekretaris Daerah Kota Binjai, M Mahfullah P Daulay, bertempat di Ruang Binjai Command Center (BCC), akhir pekan kemarin.
 
Kunjungan Aptikom bertujuan meninjau, serta melihat secara langsung pengaplikasian Binjai Smart City yang telah berjalan di Kota Binjai. Prof Dr Opim Salim Sitompul mengatakan, dengan keberadaan kota cerdas harus mampu memberikan segala informasi yang dibutuhkan masyarakat. Sebanyak 54 perguruan tinggi tergabung ke dalam Aptikom. 
 
Darwis Manalu dari Perguruan Tinggi Methodis Indonesia, menegaskan bahwa selama ini banyak ia temui permasalahan gagal nya satu proyek dalam pembangunan kota cerdas karena tidak adanya keseriusan dari pemerintah daerah itu sendiri. "Mendengar penjelasan dari Bapak Sekda, saya merasa terpukau melihat komitmen dari kepala daerah yang dalam hal ini Walikota Binjai, atas kesungguhannya membangun kota cerdas," ungkap Darwis dilansir dari laman binjaikota.go.id, Minggu (18/11/2018).
 
Sebelumnya, Walikota Binjai HM Idaham melalui Sekda M Mahfullah P Daulay memaparkan secara umum kondisi Kota Binjai. Pemikiran awal dibangunnya ruang command center didasari atas komitmen Walikota Binjai yang memang dengan keseriusan dan kesungguhannya membangun kota cerdas. "Komitmen kepala daerah sangat dibutuhkan, jika tidak ada keseriusan komitmen dari Walikota, maka impian membangun kota cerdas tidak akan terwujud," tegas Sekda. 
 
Pemko Binjai menggandeng Politeknik Negeri Medan (Polmed) dan PT Telkom, dalam membangun command center. Di Sumatera Utara, Kota Binjai menjadi kota pertama yang memiliki command center. Sekda mengungkapkan, dikatakan kota cerdas jika satu kota telah mampu memiliki konsep smart city yang keseluruhannya menggunakan sistem digitalisasi, Binjai sudah memiliki operator di masing-masing OPD.Bagaimana melibatkan masyarakat dengan teknologi yang ada, Binjai sudah memiliki aplikasi e-Rencana dan Anggaran.
 
"Penuntutan untuk transparansi sudah kami lakukan, semua kebutuhan akan pemerintahan sudah lengkap ada di command center. Aplikasi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, telah ada seperti e-dokter, e-masyarakat," ucapnya. 
 
Prof Dr Opim Salim Sitompul, mengatakan telah mendapat gambaran secara umum tentang pengaplikasian smart city di Kota Binjai. Kedepannya kami berharap masih dapat memberikan sumbang saran untuk pengembangannya.(BS09)
 
T#g:AptikomBinjaiSmart City
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Pria 63 Tahun di Binjai Tewas, Sebelumnya Diketahui Bersama Seorang Waria

    Beritasumut.com-Seorang pria paruh baya berinisial Iw (63) ditemukan tewas di Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumut

  • 4 minggu lalu

    Kerap Konsumsi Sabu, Polsek Binjai Utara Tangkap Warga Jalan SM Raja

    Beritasumut.com–Polsek Binjai Utara Polres Binjai berhasil menangkap seorang pria yang memiliki narkotika jenis sabu-sabu. Tersangka adalah M

  • satu bulan lalu

    Kapolres Binjai Gelar Turnamen Futsal Cup 2019

    Beritasumut.com–Kepolisian Resor Kota Binjai menggelar kejuaraan olahraga Futsal, memperebutkan piala Kapolres tahun 2019 yang diikuti siswa

  • 2 bulan lalu

    ST Tersangka Kasus Tambang Galian C di Binjai Masih DPO Poldasu

    Beritasumut.com–Penyidik Ditreskrimsus Polda Sumut masih memburu ST, seorang tersangka dari kasus pertambangan galian C yang diduga ilegal di

  • 2 bulan lalu

    Kota Medan dan Binjai Diguncang Gempa 2.8 Magnitudo

    Beritasumut.com-Hari ini, Kamis (03/10/2019) wilayah Kota Medan dan Binjai diguncang gempa bumi berkekuatan 2,8 Magnitudo, sekitar pukul 12.21 WIB.

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.