Peristiwa

Antisipasi Virus Corona, MUI Kota Medan Ajak Umat Muslim Tarawih di Rumah


Antisipasi Virus Corona, MUI Kota Medan Ajak Umat Muslim Tarawih di Rumah
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Ketua Majelis Ulama (MUI) Kota Medan Prof Muhammad Hatta ajak untuk Umat Muslim Ibadah Tarawihnya pada Bulan Ramadan di rumah. Hal ini melihat situasi saat ini semakin merebaknya virus corona (Covid - 19) di Indonesia.

"MUI Kota Medan menginginkan dengan doa dan menjaga pola hidup sehat virus corona bisa berakhir di Indonesia, " ucap Prof Muhammad Hatta kepada wartawan melalui telepon seluler, Sabtu (04/04/2020).

Prof Muhammad Hatta meminta, menghadapi dan melawan virus corona selaku dengan prosedur yang berlaku dan tidak panik. "Ibadah Ramadhan tetap berjalan, masyarakat sholat tarawihnya bisa di rumah dan membantu kegiatan pemerintah yang menginginkan tidak berkumpul dan menjaga jarak pada orang lain. Saya menginginkan pandemi virus corona ini cepat berakhir, " terangnya.

Karena itu, setiap warga Kota Medan juga harus berperan aktif untuk melawan virus corona. Yang mana sudah ada yang menjadi korban keganasan virus dari Kota Wuhan tersebut.

Sesuai dengan surat edaran yang bernomor 02/EDR/I.0/E/2020 dari Muhammadiyah itu salah satunya mengatur terkait poin ibadah di Bulan Ramadan dan Idul Fitri bila virus corona belum mereda di Indonesia.

Salah satu poin yang tertuang dalam surat edaran itu adalah tak perlu menggelar Salat Tarawih berjamaah dan kegiatan lainnya bila virus corona belum mereda. Surat itu juga mengatur terkait Puasa Ramadan tetap dilakukan bagi orang sehat. Puasa boleh tak dilakukan bagi orang yang sakit dan yang kondisi kekebalan tubuhnya tidak baik. Orang tersebut wajib menggantinya sesuai dengan tuntunan syariat.

Tak hanya itu, isi surat itu mengatur bahwa puasa dapat ditinggalkan oleh para tenaga medis yang sedang bertugas di tengah wabah corona. Hal itu bertujuan untuk menjaga kekebalan tubuh para tenaga medis yang sedang bertugas. Tenaga kesehatan dapat menggantinya sesuai dengan tuntunan syariat.

Surat edaran itu juga mengatur terkait gelaran ibadah di Bulan Syawal tahun ini. Muhammadiyah menilai kumandang takbir Idul Fitri di malam idul fitri dapat dilakukan di rumah masing-masing selama darurat Covid-19.(BS06)


Tag:MUI Kota MedanCoronaimbauan MUIRamadan