Peristiwa

Angkatan Muda Padang Lawas Berbagi Sembako untuk Mahasiswa Perantau di Jabodetabek


Angkatan Muda Padang Lawas Berbagi Sembako untuk Mahasiswa Perantau di Jabodetabek
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Muda-mudi Perantauan asal Kabupaten Padang Lawas yang tergabung dalam Organisasi Angkatan Muda Padang Lawas (AMP) membagikan paket sembako untuk para mahasiswa asal Padang Lawas yang berada di Jabodetabek pada Sabtu (02/05/2020).

Ketua Umum AMP, Irfan Kamil Siregar melalui siaran pers, Senin (04/05/2020) mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam menanggapi pandemi virus corona yang berdampak pada melemahnya kemampuan ekonomi atau daya beli masyarakat. Dimana sebelumnya, pada Jumat (27/04/2020) lalu, AMP telah membagikan 500kg beras pada masyarakat rentan di Sibuhuan Padang Lawas.

"Beberapa mahasiswa asal Padang Lawas terdata masih berada di Jabodetabek dan tidak dapat pulang kampung akibat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini menggerakkan AMP untuk memberikan perhatian khusus, mengingat identitas mereka adalah warga Padang Lawas, dikuatirkan mereka tidak mendapat bantuan dari Pemda tempat domisili saat ini," ujarnya.

Pihaknya mengaku, menyadari bahwa para mahasiswa yang masih berada di Jabodetabek ini juga perlu mendapat perhatian. "Dimana setelah dinyatakan sebagai zona merah dan diberlakukannya PSBB, tentunya mahasiswa susah untuk beraktifitas apalagi mudik ke Padang Lawas. Sementara KTP mereka di Padang Lawas, jadi apabila ada bantuan dari Pemda setempat mereka tidak bisa mendapatkan bagian," ungkap Ketua Umum AMP.

Ifran menjelaskan, AMP merupakan organisasi pemuda yang menjaring para pemuda perantauan asal Padang Lawas di seluruh Indonesia yang bertujuan membangun kampung halaman Padang Lawas, berkontribusi nyata dibidang ilmu/pekerjaan masing-masing. "Saat ini AMP telah berada di 17 Kota/Kabupaten di Seluruh Indonesia," terangnya.

Irfan juga mengungkapkan bahwa salah satu visi AMP adalah menjadi Pejuang Martabe (Marsipature Hutana Be) yaitu Semangat Membangun Kampung Halaman Sendiri. Beberapa kegiatan sosial yang telah dilaksanakan AMP adalah Khitan Masal, pemberian SIM gratis, Bantuan pada UMKM, bantuan bibit ikan dan Mudik Gratis. "Untuk itu, para mahasiswa dan pemuda perantauan harus terus menjaga silaturahmi dan saling tolong-menolong, serta memiliki semangat untuk membangun kampung halaman," pesannya. (Rel)


Tag:AMPAnak RantauCOVID 19COVID-19Padanglawassembako