Rabu, 29 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Anggota DPRD Sumut:Dinkes Medan Seharusnya Selesaikan Masalah, Bukan Ciptakan Masalah Baru

Anggota DPRD Sumut:Dinkes Medan Seharusnya Selesaikan Masalah, Bukan Ciptakan Masalah Baru

Kamis, 18 Mei 2017 23:40:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Sutrisno Pangaribuan.
Beritasumut.com-Maraknya kasus pungutan liar (pungli) berkedok akreditasi puskesmas membuat publik mempertanyakan ketegasan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan. Apalagi, belasan pegawai puskesmas terancam dimutasi gara-gara melaporkan pungli tersebut.
 
Anggota DPRD Sumut, Sutrisno Pangaribuan mengungkapkan, Kepala Dinkes Medan seharusnya hadir untuk menyelesaikan masalah, bukannya malah menciptakan masalah baru, yaitu mutasi bagi mereka yang kritis. Tindakan mengancam akan melakukan mutasi, menurut Sutrisno, sebagai bukti bahwa kepala dinas dan jajarannya yang harus direvolusi mental. "Semestinya tim saber pungli sudah dapat melakukan penyelidikan terhadap persoalan ini agar terang benderang,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (18/05/2017).
 
Lebih jauh, anggota DPRD Sumut itu menandaskan, pungutan dalam bentuk apapun tidak dibenarkan dalam rangka akreditasi puskesmas. Tindakan ini diduga sebagai upaya menutupi sebuah praktik korupsi besar di Dinas Kesehatan. "Kalau memang ada dana yang dialokasikan dari APBN/APBD untuk persiapan akreditasi, mengapa harus ada pengumpulan uang dari staf sekalipun itu hasil kesepakatan bersama para staf,” imbuhnya.
 
Masalah utama, kata Sutrisno bukan pada proses pengumpulan uang sebagai hasil kesepakatan bersama, tetapi bahwa pengumpulan uang untuk persiapan akreditasi tidak dibenarkan. Sebab seluruh biaya yang timbul akibat program akreditasi sudah masuk APBN/APBD. "Oleh karena itu, rencana melakukan mutasi adalah sebuah teror psikologis yang dilakukan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan," pungkasnya.
 
Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Usma Polita Nasution tak berkenan menanggapi wawancara yang diajukan wartawan. (BS03)
T#g:Akreditasi PuskesmasDPRD SumutDinkes Kota MedanKPKpungliPuskesmas
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 jam lalu

    Kemenag RI dan KPK Perkuat Fungsi Pencegahan Korupsi

    Beritasumut.com-Kementerian Agama (Kemenag) RI, bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepakat untuk memperkuat fungsi pencegahan korups

  • 3 hari lalu

    Kunker ke Labura, DPRD Sumut Bahas Hasil CPO Petani Sawit

    Beritasumut.com-Anggota Komisi B DPRD Sumatera Utara (Sumut) melakukan kunjungan kerja (kunker) bersama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumut ke Ka

  • 2 minggu lalu

    15 Personil KPK Rekonstruksi di Hotel Swiss Belinn Jalan Gajah Mada Medan

    Beritasumut.com-Sebanyak 15 personil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan rekonstruksi kasus di Hotel Swiss Belinn Jalan Gajah Mada Medan.

  • 2 minggu lalu

    Dirjen PHU Kemenag Minta Masyarakat Laporkan Bila Ada Pungli untuk Layanan Haji

    Beritasumut.com-Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Nizar Ali meresmikan Pusat Layanan Ha

  • satu bulan lalu

    Bersihkan Praktek Pungli, Kepala Sekolah SD dan SMP Negeri se-Kabupaten Asahan Terima Pembekalan

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan kembali melaksanakan sosialisasi pemberantasan pungutan liar (Pungli). Kegiatan ini dikhususka

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.