Jumat, 18 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Amankan Lebaran, Polda Sumut Kerahkan 7.759 Personil

Amankan Lebaran, Polda Sumut Kerahkan 7.759 Personil

Minggu, 03 Juni 2018 20:27:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Guna mengamankan Lebaran Idul Fitri 2018, Polda Sumatera Utara (Sumut) mengerahkan sebanyak 7.759 personel untuk disiagakan.
 
Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan Atmaja menyampaikan, pengamanan ini dilakukan dalam operasi Ketupat Toba yang berlangsung selama 18 hari, mulai 6 Juni hingga 23 Juni 2018 mendatang.
 
"Sebanyak 7.759 personel yang terlibat dalam operasi Ketupat Toba 2018 ini terdiri dari 7.159 personel di wilayah (Polres) dan 600 personel di Polda Sumut," ungkapnya kepada wartawan, Minggu (03/06/2018).
 
Selain polisi, jelas Tatan, operasi ini juga akan melibatkan unsur lain sebesar 2.088 personel. Jumlah ini berasal dari TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU Bina Marga, Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran, dan juga Pramuka.
 
Tak hanya itu, sambung Tatan, sebanyak 102 pos pengamanan pun akan didirikan. Pos ini sebagian besar berada di Polres-Polres, begitu juga ada sebanyak 33 pos pelayanan dan pos terpadu.
 
"Salah satu yang harus diantisipasi pada saat ini adalah masalah terorisme. Karena itu, peran dari tiga pilar yaitu Babinsa, Babinkamtibnas dan kepala desa sangat strategis. Kepada Kapolres untuk sinergi dengan tiga pilar ini," jelasnya.
 
Namun dalam hal ini, Tatan mengimbau, agar masyarakat dapat berhati-hati dalam melaksanakan mudik nanti. Sebab, Polda Sumut mencatat, terdapat sebanyak 54 lokasi rawan longsor, 33 lokasi rawan banjir, 77 lokasi rawan kecelakaan lalulintas, serta 41 lokasi rawan macet di Sumut.
 
Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, telah melakukan rapat koordinasi lintas sektoral operasi Ketupat Toba 2018 di Mapolda Sumut, pada Rabu (30/5) kemarin terkait pengamanan hari Raya Idul Fitri.
 
Rapat ini dihadiri Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung, Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Bulog Sumut, Pertamina Sumut, Kanwil Kemenag Sumut, BMKG Sumut, dan pihak terkait lain.
 
"Rapat kita kali ini adalah konsolidasi untuk menyamakan persepsi sekaligus meminta masukan dari instansi terkait," kata Kapolda.(BS04)
T#g:Pam LebaranPolda Sumutarus mudiklebaranPengamanan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Sembunyi di Hotel Padang Bulan, Tiga Pelaku Curanmor Dibekuk Polda Sumut

    Beritasumut.com-Bersembunyi di salah satu kamar Hotel The K, di Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan, tiga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanm

  • satu minggu lalu

    Poldasu Tangkap Jumat, Penyedia Sabu di Kabupaten Batubara

    Beritasumut.com-Tim unit I Subdit I Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumut melakukan penangkapan terhadap Jumat (43) warga Air Joma

  • 2 minggu lalu

    ST Tersangka Kasus Tambang Galian C di Binjai Masih DPO Poldasu

    Beritasumut.com–Penyidik Ditreskrimsus Polda Sumut masih memburu ST, seorang tersangka dari kasus pertambangan galian C yang diduga ilegal di

  • 2 minggu lalu

    Polda Sumut Secepatnya Akan Lakukan Gelar Perkara Dugaan Korupsi di Labura dan Labusel

    Beritasumut.com-Kasus dugaan korupsi Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Bumi Bangunan (PBB) di Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel) dan Labuhan Batu U

  • 2 minggu lalu

    Demo Buruh di Depan Kantor DPRD Sumut, Kapolda Borong Semua Dagangan Pedagang dan Bagikan ke Masyarakat

    Beritasumut.com–Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mendatangi Gedung DPRD Sumut usai aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh buruh asal Medan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.