Peristiwa

APBD 2019 Hanya Naik 0,02%, Walikota Medan Dituding Tak Serius Gali Potensi PAD


APBD 2019 Hanya Naik 0,02%, Walikota Medan Dituding Tak Serius Gali Potensi PAD
BERITASUMUT.COM/BS07
Beritasumut.com-Kenaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Kota Medan yang hanya sebesar 0,02 persen dari tahun 2018, atau hanya sebesar Rp 5,94 Triliun menuding Walikota Medan Dzulmi Eldin tidak serius menggali sumber-sumber yang berpotensi sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Medan. "Masa sekelas Kota Medan, R-APBD-nya cuma naik 0,02 persen dari tahun kemarin (2018). Padahalkan banyak potensi-potensi untuk dijadikan sumber PAD," kata Anggota DPRD Medan, Hasyim kepada wartawan usai mengikuti rapat paripurna agenda nota pengantar keuangan Walikota Medan di gedung DPRD Medan, Senin (15/10/2018).
 
Anggota Badan Anggaran DPRD Medan itu tidak menutupi kekesalannya begitu mengetahui R APBD Pemko Medan 2019 sebesar Rp 5,94 Triliun yakni mengalami kenaikan hanya 0,02 % dari Tahun 2018. “Peningkatan itu terlalu kecil, seharusnya peningkatan dapat dimaksimalkan sekitar 5% dari tahun sebelumnya,” ujarnya.
 
Dijabarkannya, Pemko Medan selama ini belum menujukkan kesungguhan menggali potensi PAD. Jika saja Pemko bersikap tegas menindak oknum yang masih melakukan kebocoran, maka pendapatan akan naik drastis. “Walikota Medan seharusnya meminimalisir kebocoran melalui pengawasan,” harapnya.
 
Disebutkan, kebocoran PAD sudah terbukti adanya oknum ASN di Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) yang terkena OTT pihak Polisi. “Itu salah satu contoh, disinyalir hal yang sama akan ada di SKPD lain,” sebut anggota Komisi C DPRD Medan itu. Ke depan kata Hasyim, Pemko harus mampu melakukan perbaikan peningkatan sumber PAD yang spektakuler. Melakukan berbagai inovasi demi peningkatan sumber PAD.
 
Sebagaimana diketahui, berdasarkan perkiraan pendapatan daerah, Pemko Medan mengajukan formulasi jumlah Rancangan Anggaran Belanja Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) Tahun 2019 Pemko Medan sebesar Rp 5,94 Triliun lebih. Dari jumlah itu terdiri belanja tidak langsung diperkirakan sebesar Rp 2,07 Triliun lebih dan belanja langsung Rp 3,87 Triliun lebih. (BS07)

Tag:APBD 2019DPRD MedanDzulmi EldinPADPemko MedanR APBDR-APBDWalikota Medan