Selasa, 17 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • 7.760 Personel Polisi Disebar Polda Sumut untuk Amankan Libur Lebaran 2019

7.760 Personel Polisi Disebar Polda Sumut untuk Amankan Libur Lebaran 2019

Senin, 27 Mei 2019 19:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Polda Sumut akan menyebar 7.760 personelnya ke sejumlah daerah di Sumatera Utara (Sumut) guna memastikan kelancaran dan keamanan lebaran Idul Fitri 1440 Hijrah.Pengamanan ini telah ditentukan melalui Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019 yang digelar di Aula Catur Prasetya lantai 4 Mapolda Sumut.
 
"Jumlah personel yang dikerahkan ini tersebar diseluruh jajaran. Selain itu beberapa instansi terkait juga akan ikut membantu, seperti TNI, Satpol-PP, Pemadam kebakaran, SAR, serta pramuka juga akan turut didalamnya," ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja kepada wartawan, Minggu (26/05/2019).
 
Tatan menjelaskan, untuk arus mudik dan arus balik lebaran nanti, dari data yang dihimpun kepolisian, titik rawan kemacetan diperkirakan umumnya akan terjadi di Kota Binjai, Medan dan juga Pelabuhan Belawan. Seperti di Binjai papar dia, ada 3 lokasi, Pelabuhan Belawan ada 5 lokasi dan di Kota Medan ada 17 Lokasi."Namun total lokasi kerawanan macet untuk di wilayah Sumut ada ada 74 lokasi," sebutnya.
 
Sementara untuk titik-titik pasar tumpah, lanjut Tatan, terdata ada sebanyak 103 lokasi yang tersebar di seluruh provinsi Sumut. Begitu pula untuk masjid dengan kapasitas 400-1.000 orang jamaah, terdata ada sebanyak 2.199 lokasi."Sehingga hal ini harus di antisipasi, mulai dari keamanan hingga potensi kemacetan yang mungkin dapat terjadi," ungkapnya.
 
Tatan mengungkapkan, untuk aksi kriminalitas juga masih menjadi perhatian polisi khususnya di Kota Medan. Adapun gangguan keamanan yang berpotensi terjadi itu, di antaranya pencurian pemberatan (Curat), curanmor, kemudian narkoba."Untuk ukurannya se-Sumut adalah di Kota Medan. Karena apa yang terjadi di kewilayahan, hulunya itu tentu adalah Kota Medan," sebutnya.
 
Begitu pula, ancaman bencana alam juga diprediksi masih akan terjadi di wilayah Pantai Barat. Untuk itu masyarakat yang ada di sana, diimbau agar lebih berhati-hati dengan resiko bencana alam yang bisa saja terjadi."Kemudian kita ingatkan agar tidak slow respon terhadap ancaman teror dan penyebaran radikalisme di wilayah Sumut," imbaunya.
 
Masalah lain yang dihadapi dalam Hari Raya Idul Fitri kali ini, lanjut Tatang, di antaranya beberapa ruas jalan yang masih rusak untuk dilewati kendaraan bermotor.Sedangkan berdasarkan data intelijen yang dikumpulkan Polda Sumut, beber Tatan, ada beberapa poin yang menjadi perhatian, diantaranya aksi teror, bencana alam dan aksi unjuk rasa serta demo yang menjulur ke kerusuhan.
 
"Ini yang kita antisipasi agar nantinya tidak terjadi dan menganggu kenyamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri nantinya. Untuk itu kita minta semua pihak perlu mewaspadainya," pungkasnya.(BS04)
T#g:lebaranMudikPolda SumutPoldasupuasaRamadhan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 12 jam lalu

    Kapolda Sumut Rencanakan Pembangunan Pos Polisi di Pulau Asu Kabupaten Nias Barat

    Beritasumut.com–Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto berencana membangun pos polisi perairan dan udara di pulau terluar Nias, sebagai salah

  • 3 hari lalu

    Poldasu Periksa Ajudan Wali Kota Terkait OTT Kasus Pungli di BPKAD Pematang Siantar

    Beritasumut.com-Rilan, yang disebut sebagai ajudan Wali Kota Pematang Siantar diperiksa Penyidik Subdit III/Tipidkor Direktorat Reserse Kriminal Kh

  • 5 hari lalu

    Uang Pemprovsu Rp 1,6 Milyar Hilang di Parkiran Kantor Gubernur, Kapolda Sumut Heran

    Beritasumut.com–Menyoal hilangnya uang tunai Rp1,6 Milyar atau senilai Rp 1.672.985.500,- dalam mobil yang berada di parkiran Kantor Gubernur

  • 7 hari lalu

    Sekda Kota Siantar Diperiksa Poldasu Terkait Dugaan Penipuan Proyek Pasar Horas

    Beritasumut.com-Usai melakukan pemeriksaan terhadap Wali Kota Pematang Siantar Hefriansyah Noor, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Po

  • 7 hari lalu

    Direktur Narkoba Poldasu: Kalau Mau Sukses Jauhi Narkoba

    Beritasumut.com-Direktur Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut Kombes Pol Hendri Marpaung menegaskan, kepada mahasiswa kalau mau sukses harus jauh

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.