Minggu, 26 Januari 2020

4 Kabupaten/Kota di Sumut Dilanda Banjir

Minggu, 20 Oktober 2013 23:28:00
BAGIKAN:
Google
Ilustrasi
Medan, (beritasumut.com) – Sebanyak empat kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara dilanda banjir. Ribuan rumah terendam air pada Ahad (20/10/2013), dan sebagian di antara korban terpaksa mengungsi.

Daerah-daerah yang dilanda banjir itu masing-masing Kota Medan dan Tebing Tinggi, serta Kabupaten Serdang Bedagai dan Deli Serdang. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa akibat bencana ini.

Di Kota Medan, banjir melanda permukiman warga yang berada di tepian Sungai Deli. Hujan lebat di hulu menyebabkan debit air naik hingga sungai meluap. Kawasan yang paling parah berada di Kecamatan Medan Maimun, antara lain Kelurahan Aur, Sei Mati dan Hamdan.

Di Kota Tebing Tinggi, banjir yang terjadi sejak Sabtu (19/10/2013) masih belum juga surut. Sungai Padang dan Sungai Bahilang masih terus meluap sehingga warga tetap bertahan di pengungsian.

Rumah yang paling parah terkena banjir berada di lima kecamatan. Masing-masing Kecamatan Rambutan, Bajenis, Tebing Tinggi Kota, Padang Hulu dan Padang Hilir. Setidaknya ada 6.000 jiwa yang berasal dari 1.500 keluarga yang menjadi korban.

Di Kabupaten Serdang Bedagai, banjir yang bersumber dari luapan Sungai Rampah, menggenangi rumah warga yang berada di Kecamatan Sei Rampah. Antara lain Kelurahan Firdaus dan Kelurahan Sei Rampah. Ketinggian air yang mencapai satu meter lebih di beberapa lokasi. Selain itu Desa Simalas Kecamatan Sipispis juga dilaporkan terendam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai Djamal Agustar menyatakan pihaknya belum bisa memberikan data jumlah korban bencana. Pendataan masih dilakukan, dan pengecekan juga dilakukan ke beberapa titik.

“Ada benteng yang jebol di kawasan hulu, sehingga banjir. Ada rumah warga yang terendam, tetapi jumlahnya masih dihitung. Kalau perkiraan, nanti takutnya salah. Kalau ada perkembangan dan data pasti, nanti akan disampaikan,” kata Djamal.

Sedangkan di Kabupaten Deli Serdang, banjir melanda rumah-rumah warga yang berada di Desa Paluh Manan, Kecamatan Hamparan Perak. Belum diperoleh informasi berapa banyak rumah yang tergenang di desa tersebut. (BS-001)
T#g:Kabupaten
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    Effendi Napitupulu Diambil Sumpah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tobasa

    Beritasumut.com-Ketua Pengadilan Negeri (PN) Balige Paul Marpaung SH MH mengambil sumpah pimpinan DPRD Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) masa jabatan

  • 2 minggu lalu

    Peluncuran Buku Biografi Mhd Syafii, Gubernur Sumut Apresiasi Kisah Si Pemberani dari Batubara

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengapresiasi terbitnya buku biografi berjudul ‘Muhammad Syafi’i Si Pembe

  • 2 minggu lalu

    DPRD Gelar Rapat Paripurna Peringati Hari Jadi Kabupaten Samosir ke-16

    Beritasumut.com-Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Samosir ke-16 tahun, DPRD Kabupaten Samosir menggelar rapat paripurna istimewa yang d

  • 2 minggu lalu

    DWP Langkat Ikut Serta Sukseskan Hari Jadi Langkat ke 270

    Beritasumut.com-Mari bersama kita sukseskan hari jadi Kabupaten Langkat ke 270 pada 17 januari 2020 mendatang, dengan ikut serta meramaikan dan mey

  • 3 minggu lalu

    Sambut Hari Jadi Langkat, Bupati Harapkan Semua Pihak Berperan Aktif

    Beritasumut.com-Menyambut Hari Jadi Kabupaten Langkat ke 270 pada 17 Januari 2020 mendatang, Bupati Langkat Terbit Rencana PA berharap semua pihak

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.