Rabu, 11 Desember 2019

17 OKP Tolak Musda KNPI Sumut

Senin, 07 September 2015 01:19:00
BAGIKAN:
Google
Ilustrasi.
Beritasumut.com - Sebanyak 17 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) menolak Musyawarah Daerah (Musda) XIII Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Utara (Sumut) yang dijadwalkan digelar di Hotel Garuda Plaza, Medan, Senin (7/9/2015).

“Kami menolak Musda XIII KNPI Sumut di Medan, karena musda yang sebelumnya digelar di Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) pada 21 Februari lalu telah sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) KNPI. Dan Musda di Madina telah berhasil memilih Jasrul Lubis sebagai Ketua DPD KNPI Sumut periode 2015-2018,” ujar Hasan Basri Simanjuntak, juru bicara 17 OKP, didampingi sejumlah pimpinan OKP di Medan, Ahad (6/9/2015) malam.

Adapun 17 OKP yang menyatakan menolak Musda XIII KNPI di Hotel Garuda Plaza, Medan, Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Sumut diketuai Hasan Basri Simanjuntak, Gerakan Pemuda Ansor, IPPNU, Fatayat NU, GMPI Sumut diketuai Jafaruddin Harahap dan Sekretaris Mursal Harahap, GKP Sumut diketuai Bustami HS dan Sekretaris Aja Syahri, AMK Sumut diketuai Irfan Mas’ar dan Sekretaris Ahyar Adlani, GM Parmusu diketuai Aja Syahri dan Sekretaris Jafaruddin Harahap.

Kemudian NA Sumut dengan Sekretaris Rita Mawarni, IPNU Sumut diketuai Gunawan Abdi, Angkatan Muda Demokrat (AMD) Sumut diketuai Edi Harahap dan Sekretaris Jon Masren Saragih, MPI Sumut diketuai Zainal Arifin Sinambela dan Sekretaris Muhammad Affandi, GPPI Sumut dipimpin Dodi Tresna Adijaya dan Sekretaris Nasaruddin.

Selanjutnya, Garuda KPP-RI Sumut diketuai Syahril Lubis dan Sekretaris Rusdi Hamonangan, IPPI Sumut diketuai Musliadi Nasution, IPTI Sumut diketuai Sugianto Harahap dan Gerakan Pemuda Islam (GPI) Sumut diketuai Irwan Supandi dan Sekretaris Dipasaguna.

Hasan Basri didampingi Ketua Angkatan Muda Demokrat (AMD) Sumut Edi Harahap dan pimpinan OKP lainnya mengatakan, tidak ada alasan bagi DPP KNPI untuk membentuk caretaker pengurus DPD KNPI Sumut yang kemudian membentuk panitia Musda KNPI di Medan. Sebab, Musda XIII KNPI di Madina telah sesuai dengan AD/ART KNPI dan telah memilih Jarul Lubis sebagai ketua KNPI Sumut tiga tahun ke depan.

“Musda XIII KNPI di Madina diikuti DPD Kabupaten/Kota, OKP se-Sumut, Majelis Pemuda Indonesia (MPI) dan utusan DPP KNPI. Setelah Jasrul Lubis dinyatakan terpilih sebagai ketua KNPI Sumut periode 2015-2018,  Koordinator Wilayah Sumut DPP KNPI Jhonsar Sihombing Lumbantoruan pun telah menutup secara resmi Musda XIII KNPI Sumut di Madina. Jadi, aneh kalau ada lagi Musda XIII di Medan,” ujar Hasan Barsi, Ketua Umum PKC PMII Sumut.

Dia juga mengatakan, DPP KNPI seharusnya mengeluarkan SK pengurus DPD KNPI Sumut yang dipimpin Jasrul Lubis, bukan malah membentuk caretaker untuk membuat Musda XIII lagi. Sebab, pengurus lama DPP KNPI yang dipimpin Taufan EN Rotorasiko melalui Ketua OKK telah memparaf SK pengurus DPD KNPI Sumut hasil Musda di Madina.

“Kami menilai, DPP KNPI saat ini telah diitervensi oleh kelompok tertentu sehingga mengeluarkan SK pembentukan caretaker pengurus DPD KNPI Sumut yang kemudian membentuk panitia musda di Medan. Karena itu, 17 OKP di Sumut menyatakan menolak musda yang digelar di Hotel Garuda Plaza Medan,” tambah Edi Harahap dari AMD Sumut yang diamini oleh belasan pimpinan OKP lainnya. (BS-001)
T#g:OKP
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Bentrok di Jalan HM Yamin Medan, 15 Orang Ditetapkan Tersangka

    Beritasumut.com-15 dari 31 orang melakukan penyerangan salah satu Pos ormas pemuda di Jalan Bedagai Simpang Prof HM Yamin Medan berh

  • 4 bulan lalu

    Perkara Sumbangan 17 Agustus, Dua Kelompok Pemuda Bentrok di Jalan HM Yamin

    Beritasumut.com-Polsek Medan Timur terpaksa mengamankan belasan pria yang diduga berasal dari dua kelompok kepemudaan. Dua pihak kelompok pemuda in

  • 11 bulan lalu

    Aniaya Petani Lahan Garapan, Warga Medan Denai Ditangkap Tim Pegasus Polrestabes Medan dan Polsek Percut Sei Tuan

    Beritasumut.com-Sabrisam alias Sabro (44) warga Jalan Jermal XI, Gg Subur XI, LK.9, Kecamatan Medan Denai ditangkap Tim Gabungan dari Tim Pegasus P

  • tahun lalu

    Rebut Paksa dan Usir Penghuni Rumah di Desa Bandar Khalipah, Ketua OKP Amplas Diamankan Polsek Percut Seituan

    Beritasumut.com-Polsek Percut Seituan mengamankan salah seorang oknum ketua ranting salah satu Organisasi Kemasyarakat Pemuda (OKP) Desa Amplas. Pe

  • tahun lalu

    Lakukan Pungli di Jalan Besar Patumbukan, Pemuda Ini Diringkus Personel Unit Reskrim Polsek Galang

    Beritasumut.com-IS (18), warga Dusun II, Desa Pertumbukan, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang diamankan Personel Unit Reskrim Polsek Galang,

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.